Rabu, 17 April 2024

Kemenag Gelar Isbat Ramadhan, Selasa Besok

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama. Foto: antara

Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama mengatakan, Kementerian Agama akan menggelar sidang penetapan awal puasa pada Selasa (15/6/2015) sore dengan mengundang sejumlah ulama, perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam dan ahli ilmu falak/astronomi.

“Besok sidang isbat, kita undang ulama, pimpinan ormas dan pakar astronomi untuk musyawarah guna melihat perhitungan hisab dari masing-masing kita,” kata Menag di Jakarta, Senin (15/6/2015), seperti dilansir Antara.

Isbat, kata dia, akan dimulai setelah waktu shalat Ashar dan istirahat sejenak bagi peserta untuk menunaikan shalat Maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan hasil melihat bulan/rukyat dari para petugas yang didelegasikan mengamati munculnya bulan baru.

“Kalau ada yang melihat hilal maka besoknya (Rabu (17/6/2015)) kita masuk bulan Ramadhan. Tapi kalau besok sore (Selasa 16/6/2015)) mereka tidak melihat hilal maka syaban digenapkan menjadi 30 hari sehingga awal Ramadhan baru lusa (Kamis (18/6/2015)),” kata dia.

Machasin Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam mengatakan, Kementerian Agama sudah melakukan penyebaran undangan kepada semua pihak terkait penetapan awal puasa, seperti ormas Islam dan ahli astronomi.

Kemenag lewat badan rukyah dan hisab akan melakukan rukyat untuk melihat hilal. “Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,” kata Machasin.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs