Jumat, 19 April 2024

Soal Harga Pernyataan Mentan Beda Dengan Fakta di Lapangan

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi

Amran Sulaiman Menteri Pertanian mengatakan, stok pangan dan kebutuhan primer masyarakat menjelang puasa Ramadhan sampai lebaran masih cukup.

Beras, cabe dan bawang merah yang dikhawatirkan akan menjadi masalah dikatakan lebih dari cukup ditambah dengan panen pada bulan Juni dan Juli ini.

Jaminan Menteri Pertanian itu disampaikan kepada wartawan, setelah berkunjung ke pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015) tadi.

Pada kunjungan itu, Menteri menyebut harga grosir untuk cabe keriting dan bawang merah Rp15 ribu per kilogram.

Menteri menjamin selama bulan puasa sampai lebaran tidak ada kenaikan harga.

“Saya sudah mendapat jaminan dari Pak Sutanto koordinator pedagang pasar Kramat Jati,” kata Menteri Pertanian.

Namun pernyataan Menteri Pertanian yang terakhir ini oleh masyarakat dinilai tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Karena harga kebutuhan pokok sehari-hari terus naik tidak peduli dengan kunjungan Menteri ke pasar.

Jika ingin mengetahui fakta di lapangan Menteri blusukan ke kampung-kampung menemui ibu rumah tangga secara acak. Kalau yang diwawancari kepala pasar, jawabnya pasti yang menyenangkan Menteri. Beda kalau yang diwawancari ibu-ibu yang sedang belanja.

Sutanto kepala Pasar dan Koordinator Padagang Pasar Kramat Jati mengatakan, harga ditentukan oleh pedagang berdasarkan kebutuhan dan pasokan.

Harga akan naik kalau kebutuhan masyarakat tinggi sedang kesediaan barangnya menipis. Rachmad Gobel Menteri Perdagangan yang rencananya akan ikut kunjungan ke pasar bersama Mentan ternyata batal. (jos/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs