Sabtu, 11 Mei 2024

Rukyatul Hilal NU Jatim Bergantung pada Cuaca Sore Ini

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Afif Amrullah, Sekretaris Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengatakan, hasil rukyatul hilal Tim Falakiyah Nadlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Gresik bisa diketahui, Minggu (5/6/2016) sekitar pukul 17.21 WIB.

Nantinya, hasil pemantauan hilal akan disampaikan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Jakarta, setelah itu dilaporkan ke pemerintah sebagai bahan pembahasan di sidang isbat.

“Dalam penghitungan matematis, ketinggian hilal mencapai 3 derajat 21 menit. Semua tergantung dengan cuaca. Jika mendung, maka akan sulit untuk dilihat. Saya harapkan masyarakat tetap mengikuti dan menunggu dari hasil sidang isbat pemerintah,” ujar dia, saat dihubungi suarasurabaya.net, Minggu siang.

Rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadan 1437 Hijriah akan dilakukan oleh Tim Falakiyah Nadlatul Ulama (NU) Jawa Timur dengan melibatkan seluruh ahli Falak dari NU Jatim dan seluruh pengurus cabang 17 lokasi rukyat.

Di wilayah Jawa Timur akan dilakukan di Tanjungkodok (Lamongan), Bukit Condrodipo (Gresik), Bukit Wonocolo Kedewan (Bojonegoro), Pantai Serang dan Bukit Banjarsari (Blitar), Satuan Radar TNI AU Kabuh (Jombang), dan Pantai Tanjung Mulya Bawean (Gresik).

Lokasi lainnya, LAPAN Watukosek (Pasuruan), Pantai Gebang (Bangkalan), Pelabuhan Taddan (Sampang), Pantai Ambat (Pamekasan), Bukit Sadeng (Jember), Pantai Pancur (Banyuwangi), Watoe Dhakon dan Gunung Sekekep (Ponorogo), serta PP Kwagean Pare (Kediri).(bry/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
28o
Kurs