Jumat, 26 April 2024

Sidang Isbat Berlangsung Tertutup, Beberapa Titik Sudah Terpantau Hilal

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1437 H saat ini masih berlangsung secara tertutup dan dipimpin langsung oleh Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama.

Sidang Isbat juga dihadiri KH Makruf Amin Ketua MUI, Nazarudin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, beberapa Duta Besar Negara Islam dan pimpinan atau Ormas Islam di Jakarta.

Meskipun sidang Isbat ini dilakukan secara tertutu setelah sholat Maghrib tapi berpegang pada paparan yang disampaikan Cecep Nurwendaya anggota tim hisab dan rukyat Kementrian Agama yang juga utusan dari planetarium dan observatorium Jakarta Dinas Pendidikan DKI Jakarta sudah diperoleh gambaran bahwa awal puasa Ramadhan 1437 H jatuh pada hari Senin (6/6/2016). Ini berpatokan pada beberapa titik pantauan hilal sudah memberikan suatu gambaran bahwa ketinggian hilal sudah cukup signifikan. Terutama di Pelabuhan Ratu yang selama ini barometer dalam melakukan rukyatul hilal di Indonesia, sudah terlihat hilal 4 derakat lebih.

Dan sidang Isbat yang masih berlangsung sampai saat ini hanya untuk mengkonfirmasi saja hasil pantauan hilal di beberapa titik di Indonesia. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs