Minggu, 5 Mei 2024

Sidang Itsbat Penentuan Awal Syawal Digelar 4 Juli

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi

Untuk menetapkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, Kementerian Agama akan menggelar sidang Itsbat, Senin (4/6/2016).

Sidang Itsbat awal Syawal tahun ini akan dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI Jalan MH. Thamrin No.6 Jakarta.

Melalui mekanisme sidang Itsbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan berakhirnya bulan Ramadhan dan kapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H.

“Sidang Itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” kata Muhammad Thambrin Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar).

Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437H.

Thambrin mengatakan, sidang Itsbat akan dihadiri oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Adapun proses sidang Itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas shalat Maghrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Hasil Rukyatul Hilal dan data Hisab posisi Hilal awal Syawal 1437 akan dimusyawarahkan dalam sidang Itsbat awal Syawal untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1437 H.

Sementara berdasarkan hisab perhitungan kalender hari raya Idul Fitri jatuh pada Rabu (6/7/2016).

Kementrian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1437H di seluruh provinsi di Indonesia.

Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementrian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan ormas Islam.

Lokasi rukyat hilal awal Syawal 1437 H di Jawa Timur antara lain Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok Paciran Lamongan, Bukit Banyu Urip Desa Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban, Bukit Perahu Lapan Kabupaten Pasuruan, Menara Masjid Agung Surabaya, Helipad AURI Ngliyep Kabupaten Malang, Pantai Serang Kabupaten Blitar, Pantai Srau Pacitan, Bukit Wonotirto Blitar, Pantai Nyamplong Kobong Jember, Gunung Sadeng Jember, Pantai Pecinan Situbondo, Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi, Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan, Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Gebbang Bangkalan, Bukit Wonocolo Bojonegoro, Pulau Gili Kabupaten Probolinggo, Pantai Pasongsongan Sumenep, Pantai Kalisangka Kangean Sumenep, Pantai Bawean Kabupaten Gresik dan satuan Radar 222 Ploso di Kaboh Kabupaten Jombang. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs