Senin, 6 Mei 2024

Tips Berbusana untuk Hadiri Buka Puasa Bersama

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Koleksi "Desert Rose" dari Lyra Virna di Indonesia Fashion Week 2016, Jakarta Convention Center, Kamis (10/3/2016). Foto: Antara

Bulan Ramadhan juga menjadi momen saling silaturahmi. Ajakan berbuka puasa bersama (Bukber) biasanya mengalir di minggu kedua Bulan Suci Ramadan. Baik dari rekan kerja, kawan kuliah, SMA, bahkan SD hingga TK.

Tentu saja, setiap orang tidak ingin tampil mengecewakan di acara yang biasanya hanya terlaksana setahun sekali. Restu Anggraini Fashion designer punya tips berbusana muslim untuk menghadiri Bukber.

“Untuk yang berhijab, pastikan sudah menentukan item-item basic yang akan di mix and match, sehingga saat kita mau memakai apa pun tetap tampil fresh,” ujarnya beberapa waktu lalu, lansir Antara, Minggu (12/6/2016).

Lebih detil dia menjelaskan, outer (luaran,red) bisa dipakai beberapa kali. Sedangkan bagian dalam bisa diganti dengan kemeja atau bahan kaos bermotif.

Bagi yang tidak berhijab, hal utama yang perlu disiapkan, kata Restu, adalah outer panjang. “Mix and match-nya lebih ke layering saja,” ujar dia.

“Lalu siapkan pashmina. Sekarang sudah banyak pashmina yang lebih simpel dan enteng untuk acara-acara yang tidak terlalu formal,” ujarnya.

Pilihan bahan outer menurutnya sangat penting. Sebab, outer akan membuat pemilik badan besar terlihat lebih berisi. Restu menyarankan pemilihan outer berbahan ringan.

“Jangan pakai bahan-bahan yang tebal seperti interlock atau felt. Tapi pakai bahan-bahan yang simpel. Misalnya jas-jas berbahan katun,” kata Restu.

Restu juga menyarankan, agar outer yang dipilih bukan yang berlengan. Sehingga, sisi bahu tidak terlihat makin balky.

“Kalau, bisa outer-nya juga enggak cutting-an, lurus aja. Justru akan membentuk dimensi lebih ramping,” katanya.

Pemilihan outer polos tanpa motif juga dia sarankan untuk menghindari kesan berat. Selain itu, pemaduan warna juga menjadi kunci agar tampilan outer polos tidak monoton.

“Misalnya outer berwarna navy, dalaman bisa berwarna solid, atau outer berwarna olive dalaman bisa berwarna cokelat. Ya, pintar-pintarnya kita memadukan warna saja. Jadi, ketika warna basic dimain-mainin, tetap kece kok. Enggak kalah sama yang motif, dan tampilan kamu juga terlihat enggak berat,” ujar Restu.(den/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs