Senin, 29 April 2024

Jaga Keamanan Saat Ramadhan, Surabaya Tertib Diluncurkan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kombes Pol M Iqbal Kapolrestabes Surabaya saat memberikan sambutan dalam peluncuran program Surabaya Tertib. Foto: Humas Polrestabes Surabaya.

Polrestabes Surabaya bersama Pemkot Surabaya meluncurkan program Surabaya Tertib selama Ramadhan 1438 Hijriah. Program ini diluncurkan untuk memberikan rasa aman kepada umat muslim selama menjalani Ramadhan di Kota Surabaya.

“Program ini bertujuan untuk bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman saat menjalankan ibadah puasa khususnya umat muslim dan umumnya untuk masyarakat di Surabaya,” ujar Kombes Pol M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya, di ruang M Yasin Kapolrestabes Surabaya, Jumat malam (26/5/2017).

Menurut Iqbal, program ini konsepnya sederhana, yaitu menjaga keamanan. Sifatnya bernuansa pencegahan yang dimulai Sabtu 27 Mei sampai hari raya Idul Fitri nanti.

“Insyallah mulai besok akan dibuka 23 pos terpadu untuk Surabaya Tertib. Diantaranya, Polsek Bubutan ada di depan Stasiun Pasar Turi, Polsek Wonokromo ada di depan KBS, Polsek Sukomanunggal ada di jalan Patimura, dan Polsek Jambangan ada di depab Masjid Nasional Al-Akbar,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal, pos tersebut merupakan hasil mapping konsep strategis. Tempatnya mudah dilihat dan juga melihat masyarakat.

“Kami juga sebagai tim menginginkan tiga pilar turun ke bawah contoh sambang ke masyarakatnya. Cangkrukan kamtibmas, patroli sepeda ontel dan berjalan kaki. Intinya negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Kata Iqbal, selama Ramadhan bukan hanya shalat tarawih dan ibadah puasa yang menjadi amal mulia, tetapi juga turut menjaga keamanan masyarakat bagian dari amal shalih.

“Kita akan bergerak bersama Korem dan Satpol untuk melihat kinerja dan bukan untuk menakuti tapi ini konsep untuk penilaian tiga pilar. Ini ruh atau semangat Surabaya Tertib saat ramadhan ini,” katanya.

Nantinya, program ini juga akan dinilai oleh Walikota Surabaya. Akan dipilih 10 pilar terbaik. “Ibu walikota akan berikan piala terbaik dan bergilir,” katanya. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs