Jumat, 29 Maret 2024

Ramadhan, Pola Jadwal Pendonor Darah Berubah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ruangan donor darah di UTD PMI Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Memasuki Ramadhan, dipastikan pola pendonor darah saat mendonorkan darahnya di kantor UTD PMI Surabaya berubah dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kalau pada hari biasa pendonor darah datang saat siang, sore, dan malam, tapi saat Ramadhan pendonor darah dipastikan akan datang mendonorkan darahnya setelah jadwal sholat Tarawih.

“Kalau berdasarkan tahun lalu, memang seperti itu. Kalau biasanya pendonor datang pada siang, saat jam makan siang, atau sore dan malam, kalau Ramadhan biasanya berubah. Biasanya mendonorkan darahnya setelah jadwal Sholat Tarawih,” kata Agung Tri Jutanto Humas PMI Surabaya.

Kata Agung, pendonor darah lebih memilih sepulang sholat Tarawih satu di antara alasannya bisa langsung pulang ke rumah dan beristirahat. “Juga supaya tidak membatalkan puasanya, karena setelah donor darah bisa langsung istirahat,” kata Agung.

Perubahan jadwal mendonorkan darah tersebut, lanjut Agung sepertinya memang selalu terjadi saat memasuki bulan Ramadhan. Untuk itu pihaknya telah mempersiapkan strategi untuk menjaga stok persediaan darah.

Selain menggelar mobil layanan donor darah di sejumlah masjid dan keramaian, UTD PMI Surabaya juga tetap melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya di unit transfusi darah (UTD) PMI Surabaya sesuai dengan jadwal yang ada.

“Untuk layanan donor darah kami memang buka 24 jam. Termasuk saat Ramadhan, kami juga tetap buka dan memberikan layanan kepada masyarakat selama 24 jam. Untuk pengambilan darah tetap 24 jam,” kata Agung.

Sementara itu, kepada masyarakat Agung menyampaikan bahwa pihaknya tetap memberikan layanan donor darah maupun pengambilan darah selama 24 jam. Meskipun setiap Ramadhan ketersediaan darah selalu berkurang, Agung meyakinkan bahwa PMI Surabaya tetap akan melayani permintaan darah dari masyarakat.

“Penurunan perolehan darah dari masyarakat pendonor memang selalu terjadi saat Ramadhan. Tapi kami tetpa memberikan layanan 24 jam dan permintaan darah dari masyarakat. Ini memang bagian tugas utama kami,” ujar Agung pada suarasurabaya.net, Jumat (26/5/2017).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs