Minggu, 5 Mei 2024
Cegah Penularan HIV/Aids

Launcing Klinik Kesehatan Reproduksi Edelwise

Laporan oleh Akhmad Naziq Fahruddin
Bagikan

Untuk mengantisipasi penularan virus HIV/Aids, Dinas Kesehatan Kota Madiun melaunching Klinik Kesehatan Reproduksi Edelwise. Ini dilakukan karena penyebaran virus HIV/Aids yang semakin meluas dan menghawatirkan, hususnya untuk wilayah Madiun. Untuk Tahun 2007 saja terdapat 6 kasus dengan 3 orang meninggal.

WIDRIYONO Kepala Dinas Kota Madiun mengatakan, untuk lebih meningkatkan pelayanan terkait dengan masalah penularan dan penyebaran HIV Aids, kini dilauncing Klinik Kesehatan Reproduksi Edelewise.

Proyek ini merupakan kerjasama Dinkes Kota Madiun dan Komisi Penanggulangan Aids. Klinik yang berlokasi di Puskesmas Oro-oro Ombo tersebut, akan beroperasi mulai dari Pukul 12.00-15.00 WIB, dengan diperkuat 10 personil diantaranya, dokter, paramedis, manager kasus, administrasi dan petugas kebersihan.

Dalam klinik tersebut, dilaporkan IWAN SETIAWAN reporter Radio DCS FM Madiun pada Jaring Radio Suara Surabaya, Kamis (29/03), masyarakat dapat menjalani pemeriksaan kesehatan, konseling, pemeriksaan laboratorium bahkan rujukan ke rumah sakit manakala diperlukan.

Sementara itu SAIFUL ARIF Project Manager Family Healty Indonesia mengatakan, program klinik kesehatan reproduksi tersebut merupakan implementasi program yang dilaksanakan di Kabupaten dan kota di Jawa Timur. Pemilihan 15 kota tersebut termasuk Madiun, karena berdasarkan estimasi tersebut rawan akan bertambahnya populasi HIV/Aids.

Dijelaskan jika seseorang terdeteksi positif HIV/Aids pihaknya akan melakukan penanganan komprehensif hingga penderita bisa mempertahankan kualitas hidupnya, dengan memberikan obat-obatan dan motivasi hidup.

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs