Jumat, 29 Maret 2024

Pasokan Air 5 Ribu Pelanggan PDAM Sidoarjo Terganggu

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan

Akibat pecahnya jaringan pipa PDAM Umbulan-Pandaan yang tertanam di Jl. Raya Porong, 5 ribu lebih pelanggan PDAM di Sidoarjo sampai dengan ke Waru terganggu pasokan airnya sampai 75%.

HARIADI Kepala Bagian Instalasi Luar Kota PDAM Surabaya saat dihubungi suarasurabaya.net, Rabu (04/07) mengatakan ada 2 pipa yang diduga pecah, masing-masing ukuran 450 mm dari Pandaan ke Surabaya yang mengalirkan 220 liter air perdetik dan 600 mm dari Umbulan ke Surabaya.

Dampaknya, kata HARIADI ada pengurangan debit air PDAM sampai 75 % untuk pelanggan, sebagian besar di Sidoarjo dan beberapa di sekitaran Waru. Untuk daerah industri Brebek, kata HARIADI, dipastikan tidak terganggu karena jaringannya berbeda.

Rencananya, kata HARIADI, hari ini juga akan dilakukan upaya perbaikan. Namun ia tidak bisa memastikan kapan pipa tersebut akan normal kembali. Pengalaman sebelumnya, butuh waktu berhari-hari untuk menyambung pipa yang pecah tersebut.

“Kesulitan kita adalah harus menanggul dulu titik dimana pecahnya pipa sebelum melakukan penggalian. Ini juga harus berkoordinasi dengan kepolisian dan BPLS,” ujarnya.

Pecahnya pipa PDAM Umbulan ini bukan yang pertama kali. Pada 10 Mei 2007 lalu pipa yang sama juga pernah pecah. Untuk kali ini, kata HARIADI titik pecahnya pipa hanya beberapa meter sebelah Utara titik pecah yang lama.

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs