Jumat, 19 April 2024

17 Dentuman Meriam Upacara HUT RI ke 69 di Grahadi

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Upacara peringatakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 69 di gedung Grahadi, Surabaya, Minggu (17/8/2014) berlangsung khidmat.

Sebanyak 17 dentuman meriam howitzer yang ditembakkan dari jalan Ketabang Kali Surabaya atau berada tepat di belakang Gedung Negara Grahadi Surabaya dengan disertai suara sirine tandai detik-detik proklamasi saat upacara yang dipimpin Soekarwo Gubernur Jawa Timur.

Dalam upacara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB, diikuti ribuan peserta diantaranya paduan suara dari SMU se-Surabaya, serta masing-masing satu kompi dari kesatuan militer TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, Akademi AL, Pramuka, Pelajar, PNS, Polisi Pamong Praja, serta beberapa peserta dari ormas kepemudaan.

Ratusan tamu undangan juga turut menghadiri upacara yang digelar di halaman gedung Grahadi. Tamu undangan yang hadir diantaranya Irjen Pol Unggung Cahyono Kapolda Jatim, Mayjend TNI Eko Wiratmoko Pangdam V/Brawijaya, Laksamana Muda TNI Sri Darojatim Pangarmatim, perwakilan Konsulat Jendral Negara sahabat yang berada di Jatim, para pejabat Pemprov Jatim dan beberapa tamu undangan lainnya.

Tidak ada amanat inspektur upacara dalam prosesi upacara HUT RI ke 69 di halaman Gedung Grahadi, namun sebelum Soekarwo selaku inspektur upacara turun dari podium, sempat memberikan pujian terhadap pelaksanaan upacara HUT RI tahun ini.

“Bagus.. Semuanya bagus,” kata Soekarwo saat akan duduk di samping Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim usai upacara.

Sementara itu, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh 76 orang anggota Paskibraka yang berasal dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Paskibraka tersebut terbagi dalam tiga pasukan yaitu pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45 yang sebelumnya telah dikukuhkan oleh Gubernur Jatim, Sabtu (16/8/2014). (wak/dwi)

Teks Foto:
– Soekarwo Gubernur Jatim saat memberikan bendera merah putih kepada Paskibraka sebelum pengibaran bendera.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs