Sabtu, 20 April 2024

BPBD Jatim Siapkan MCK Sementara di Pengungsian Korban Banjir

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

BPBD Provinsi Jawa Timur sudah menyiapkan MCK sementara di tempat-tempat pengungsian yang dekat dengan daerah banjir kawasan Sidoarjo. Pendirian MCK ini adalah bantuan dari Dinas Cipta Karya Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan Kabupaten Sidoarjo.

Seperti yang diinfokan di daerah Tratap, ketinggian banjir sudah samapai sepinggang orang dewasa. Hal ini menyebabkan para pengungsi kesulitan untuk melakukan aktivitas vital, seperti Mandi, Cuci, dan Kencing (MCK).

Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur pada Radio Suara Surabaya mengatakan, BPBD Provinsi Jawa Timur saat ini juga sudah menurunkan sejumlah personel untuk membantu BPBD di Kabupaten Sidoarjo dengan memberikan dukungan logistik yang diperlukan para pengungsi.

“Kedua, proses pengidentifikasian kebutuhan-kebutuhan utama yang sangat diperlukan, seperti MCK, selimut, lalu tempat-tempat pengungsian,” kata dia.

Pengidentifikasian ini, lanjut dia, dilakukan untuk pemastian berapa jumlah logistik yang dibutuhkan. Seperti biasa prosedurnya, setelah mempunyai data, baru akan datang pasokan bantuannya. Pengidentifikasian ini akan terus dilakukan hingga bencana banjir ini berakhir.

Syaifullah Yusuf juga mengatakan, BPBD mempunyai stok yang nantinya akan dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Selain bantuan makanan dan minuman, BPBD provinsi Jawa Timur juga memberikan bantuan kapal-kapal karet yang dijadikan sarana untuk membantu para pengungsi, khususnya para keluarga yang membutuhkan, sekaligus kapal ini digunakan untuk mengirim bantuan logistik yang diperlukan.

Saifullah Yusuf juga memberikan dukungan kepada Sudarmawan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur dan Dwijo, Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo yang bertemu langsung di lokasi yang terkena banjir, khususnya kisaran Waru-Juanda di Maspion yang mana memang membutuhkan bantuan makanan dan minuman lebih.

Diberitakan sebelumnya, penyebab terjadinya banjir di Sidoarjo ini dikarenakan Selasa (17/06/2014), seharian turun hujan yang cukup deras dengan kecepatan 120 milimeter per kubik tiap detiknya. Kecepatan ini memang luar biasa tinggi, dan pasang air laut juga sebabkan air yang ada di laut kembali lagi ke darat.
(nin/dwi)

Teks Foto:
– Banjir yang menggenangi kawasan Aryo Bebangah Sidoarjo
Foto : Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs