Sabtu, 4 April 2020

Biografi Jokowi di Soal UN, Mendikbud Lakukan Investigasi

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Meskipun secara keseluruhan pelaksanaan ujian nasional (UN) 2014 hari pertama di Indonesia berjalan dengan lancar namun ada satu temuan di Jakarta. Ada dua butir soal UN Bahasa Indonesia yang beredar di Jakarta ada yang membahas tentang biografi Joko Widodo (Jokowi).

Sukemi Staf Khusus Mendikbud pada Radio Suara Surabaya, Senin (14/4/2014) malam mengatakan, temuan itu berdasarkan laporan dari masyarakat di Jakarta dan hanya beredar di Jakarta. Saat ini suasana politik sedang sensitif sehingga dalam kisi-kisi memang tidak boleh ada pembahasan seperti itu.

“Tidak ada kisi-kisi soal UN yang menyangkut biografi tokoh tertentu. Apalagi sekarang suasana politik lagi sensitif. Dunia pendidikan tidak boleh diseret-seret mengarah ke hal politik praktis,” kata dia.

Dengan adanya temuan itu, lanjut Kemi, malam ini Mendikbud memerintahkan untuk melakukan ivestigasi tentang siapa penyusun soal Bahasa Indonesia itu. “Juga dicari kenapa soal seperti itu sampai muncul. Kalau memang nantinya ditemukan kesengajaan dan tidak sesuai dengan kisi-kisi maka akan dilakukan tindakan tegas,” ujar dia.

Kata Kemi, investigasi itu dilakukan untuk antisipasi praduga-praduga masyarakat. Jika ditemukan, sanksinya minimal tim penyusun tidak akan diikutkan lagi dalam penyusunan soal UN yang akan datang.

“Soal yang ada temuan itu dicetak di Surabaya tapi penyusunnya tim dari pusat. Percetakan kan hanya bertugas mencetak bukan menyusun,” katanya.

Meskipun ada temuan ini, kata dia, pelaksanaan UN tetap dilakukan dan tidak mempengaruhi. “Selain itu pihaknya mengimbau agar siswa tidak mempercayai soal kunci jawaban karena kita sudah membuktikan bahwa bocoran soal itu tidak benar,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan UN 2014 pihaknya menerima 118 laporan pengaduan dari masyarakat soal penyimpangan UN yang berhubungan dengan isu kebocoran soal. “Tapi angka laporan ini menurun jika dibandingkan UN tahun lalu,” katanya. (dwi/ipg)

Teks Foto:
– Naskah soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada biografinya Jokowi.
Foto: Nova Indrawan via facebook Suara Surabaya E100

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
28o
Kurs