Minggu, 28 April 2024

Buruh Datang, Jalan Depan Grahadi Ditutup

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Aksi unjuk rasa ribuan buruh di Grahadi yang menutup jalan Gubernur Suryo Surabaya. Foto: Dishub Surabaya

Ribuan buruh dari beberapa wilayah di Jatim, di antaranya Gresik, Pasuruan, Sidoarjo, dan Mojokerto, serta Surabaya memenuhi Jl. Gubernur Suryo depan Grahadi Surabaya. Jalan di depan Gedung Grahadi itu pun ditutup.

Arus lalu lintas dari Jl. Basuki Rahmat dan Tunjungan menuju Jl. Gubernur Suryo dialihkan ke Jl. Embong Malang. Sedangkan arus dari Jl. Gemblongan dan Praban dilewatkan Jl. Genteng Kali.

Buruh datang ke Grahadi dengan longmarch dari Jl. Basuki Rachmad, karena sepeda motor dan bus diparkir di sekitar kawasan tersebut. Namun 3 truk sound system menyertai para buruh di Grahadi.

Saat longmarch pengunjuk rasa membentangkan spanduk dan poster, isinya menuntut UMK Kabupaten/ Kota diputuskan sesuai usulan bupati/walikota masing-masing. “Jangan sampai direvisi oleh pak Gubernur,” kata Sukandar Koordinator Aksi di lapangan.

Sekadar diketahui usulan yang sudah disetorkan ke Gubernur Jatim, Bupati Gresik mengusulan UMK sebesar Rp2,727 juta; lantas Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp2,710 juta; kemudian Kabupaten Pasuruan sebesar Rp2,7 juta dan Kabupaten Mojokerto sebesar Rp2,697 juta.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs