Sabtu, 27 April 2024

Cegah Diabet, Anak Muda Harus Hindari Obesitas

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Kasus diabetes tipe 1 dan 2 di kalangan remaja dan anak-anak Amerika Serikat naik 21 persen selama 2001- 2009. Hasil penelitian ke sekitar 3 juta anak usia sekitar 19 tahun di Amerika.. tahun 2001 ada 14,8 dari 10 ribu anak didiagnosis mengidap diabetes tipe 1. Pada 2009 angkanya naik menjadi 19,3 per 10 ribu anak.

Kemudian gaya hidup seperti apa yang harus dijalankan anak muda supaya terhindar dari penyakit Diabetes?

Sri Murtiwi Spesialist Penyakit Dalam Konsultan Endokrin Metabolic dan Diabetes mengatakan, mulai sejak dini, anak muda harus menerapkan gaya hidup yang menghindarkan diri dari Obesitas.

“Karena Diabetes pangkalnya dari Obesitas, tentunya gaya hidup yang harus dijalani yang menghindarkan dari Obesitas,. Pola makan harus seimbang, disertai olahraga atau aktifitas fisik,” katanya pada Radio Suara Surabaya, Senin (15/12/2014).

Diabetes tidak langsung terjadi, tapi dalam prosesnya bisa terjadi dari 5-10 tahun sebelumnya. Untuk mencegahnya, harus merubah pola hidup sehat mulai dari sekarang.

“Atur pola makan dan olahraga, biar kalori yang diasup bisa dibakar lagiu lewat olahraga. Konsumsi makanan yang sehat. Pokoknya ada karbohidrat (nasi, jagung, sagu), lalu sumber protein (daging, ikan ). yang penting komposisinya lengkap. Serat sayuir dan buah juga wajib dikonsumsi. Hindari makanan yang kurang sehat bagi tubuh,” katanya.

Terutama makanan berlemak, tambahnya, makanan berlemak kalorinya sangat tinggi.

“Rata-rata makanan berlemak tidak mengenyangkan, makanya sering over konsumsi,” ujar Sri Murtiwi.

Sekadar diketahui, Diabetes ada yang disebabkan dari faktor genetik dan ada yang dari faktor lingkungan. Data dari Risdeknas 2007 mencatat, dulu Diabetes rata-rata diderita oleh orang-orang diatas 40 tahun. Namun sekarang di Indonesia, Usia 15-25 prevalensinya sudah 0,6 persen yang dibawah 40 tahun juga sudah tinggi. (nif)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs