Sabtu, 4 April 2020

Centro Pigafetta Dibuka di Universitas Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Pembukaan Centro Antonio Pigafetta atau biasa disebut Centro Pigafetta, Rabu (19/3/2014) di kampus Universitas Surabaya dimeriahkan fashion show bertema STYRD (Nature Art) berkonsep ready to ware.

12 busana STRYD rancangan Fransisca Irene, alumni dari Instituto di Mode Burgo Indonesia di Jakarta, bermotif natural art yang sengaja diusung khusus untuk pembukaan Centro Pigafetta di Ubaya.

“Karya Fransisca Irene sudah laku dipasaran sejak dia masih belum lulus sekolah mode. Ini terbukti desainnya dapat diterima masyarakat Indonesia,” ungkap Ilaria Gallo selaku perwakilan dari Uni-Italia di Indonesia.

Ilaria Gallo juga menjelaskan center yang ada di Ubaya ini akan diberi nama Centro Antonio Pigafetta yang sering disingkat Centro Pigafetta. Ada 2 bagian dalam Centro Pigafetta ini yaitu Uni-Italia yang bergerak di pendidikan atau education center. Kedua Istituto Italiano Di Cultura yang merupakan lembaga budaya Itali.

Dan Rabu (19/3/2014) Uni-Italia dan Istituto Italiano Di Cultura yang diberi nama Centro Pigafetta resmi dibuka di Universitas Surabaya tepatnya di Gedung International Village lantai 1 Kampus Tenggilis.

Tak hanya fashion show yang digelar untuk memeriahkan, namun juga ada cooking demo hidangan khas Itali: Gnocchi al pesto e sugo, dari chef Antica Osteria, pemutaran film Opera Unica, juga test drive piageo serta kontes photo shoot dengan latar belakang khas Italia yaitu motor Vespa dan Colosseum.

IIlaria Gallo juga menjelaskan alasan memilih Universitas Surabaya sebagai tempat perwakilan di Surabaya dan Jawa Timur karena Ubaya sudah memiliki Intenational Village sehingga cocok dan akan mempermudah orang mencari informasi tentang Itali. Kemudian banyaknya Fakultas dan staff International Village yang sangat support.

“Hal ini menjadi penting, mengingat banyaknya keunggulan yang dimiliki Universitas Itali seperti Desain, Seni, Fashion,dll. Selain itu sangat baik untuk civitas akademika Ubaya yang tertarik dengan Itali karena dengan adanya Centro Pigafetta mempermudah dan mempercepat informasi tentang Itali,” ungkap Adi Teja Kusuma, B.Bus M.Com selaku Manajer Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Universitas Surabaya pada suarasurabaya.net, Rabu (19/3/2014).(tok/rst)

Teks foto:
-Seremonial pembukaan Centro Pigafetta di Ubaya.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
30o
Kurs