Rabu, 15 Mei 2024

Dana Rp400 Miliar Disetujui, Monorel Surabaya Segera Dibangun

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Surabaya ke depan dengan adanya monorel. Foto sumber: smart.surabaya.go.id

Pemerintah Kota Surabaya Pastikan pembangunan Angkutan Massal Cepat (AMC) berupa trem dan monorel akan segera dimulai pada awal 2015 mendatang.

“Anggaran pendamping dari pusat untuk tahap awal juga sudah disetujui Rp400 miliar,” kata Gde Dwija Wardhana Kepala Bidang Fisik Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya pada suarasurabaya.net, Rabu (13/8/2014).

Menurut dia, anggaran Rp400 miliar ini akan digunakan untuk pembangunan fisik tahap awal. Untuk tahap selanjutnya, pemerintah pusat akan kembali mencairkan dana lanjutan.

“Prinsipnya pusat sudah menyetujui pendanaan hingga selesai. Jadi tidak benar kalau pusat hanya memberikan Rp400 miliar sampai selesai, ini baru tahap awal,” ujarnya.

Sesuai jadwal, groundbreaking atau peletakan batu pertama memang akan digelar pada awal 2015 mendatang. Dia juga optimis, pengerjaan akan selesai selama dua tahun. Apalagi, lokasi AMC juga sudah ada dan tidak perlu lagi melakukan pembebasan lahan karena proyek ini akan dikerjakan di lahan-lahan milik pemerintah.

Sesuai studi yang ada, rute untuk monorel tetap sejauh 25 kilometer, yakni koridor barat-timur mulai Lidah Kulon-Keputih. Adapun untuk jalur utara-selatan (Tanjung Perak–Wonokromo), akan dibangun trem. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs