Sabtu, 11 Mei 2024

Guru Besar ITS Terapkan Matematika untuk Kendalikan Banjir

Laporan oleh Triono
Bagikan

Prof Dr Dra Erna Apriliani MSi Guru Besar Matematika FMIPA ITS Surabaya menerapkan matematika untuk bidang lingkungan, di antaranya mengendalikan banjir dan estimasi aliran lahar.

“Sejak tahun 1999, kami menekuni Metode Asimilasi Data dalam matematika yang bisa diterapkan dalam bidang lingkungan,” katanya dilansir Antara Kamis (23/10/2014).

Metode asimilasi data merupakan metode untuk mengestimasi parameter atau variabel keadaan dengan cara menggabungkan antara model matematika dan data-data pengukuran dari ketinggian gelombang laut, estimasi ketinggian pasang surut air laut, estimasi kerusakan ozon, estimasi posisi gerak robot mobil, estimasi posisi gerak kapal laut, estimasi perubahan harga saham, estimasi, ketinggian air sungai dan lainnya.

“Jadi, metode asimilasi data merupakan salah satu peranan matematika dalam bidang lingkungan hidup, masih banyak peranan matematika dalam bidang-bidang lain, tentu matematikawan tidak bekerja sendirian tetapi perlu bekerja sama dengan ahli-ahli untuk bidang yang terkait,” katanya.

Sementara itu, rekannya Prof Iwan Vanany ST MT PhD dari Jurusan Teknik Industri menyampaikan orasi dalam pengukuhan yang bertajuk “Business Process Re-Engineering: Komponen, Faktor Kritis, dan Lingkup Implementasinya”.

“Proses bisnis adalah urat nadi dari bisnis itu sendiri. Peningkatan bisnis perusahaan sangat dipengaruhi oleh seberapa besar kemampuan perusahaan merampingkan proses bisnis itu sendiri agar lebih efisien dan efektif atau membuat proses bisnis baru guna memberi nilai lebih dari produk dan jasanya,” katanya.

Oleh karena itu, rekayasa proses bisnis (Business process re-engineering) adalah salah satu topik keilmuan dari disiplin ilmu Teknik Industri yang berupaya mengelola proses bisnis dari “input” hingga menjadi produk atau jasa yang memiliki nilai lebih secara efisien dan efektif.(ant/ono/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs