Rabu, 17 April 2024

HMI Surabaya Tolak Sidang Anas Urbaningrum Sekadar Seremonial

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Massa HMI Surabaya datangi Kejati Jatim. Foto: Totok suarasurabaya.net

Bergerak longmarch menuju kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Rabu (24/9/2014) puluhan aktivis mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Surabaya menuntut agar persidangan terhadap Anas Urbaningrum bukan sekadar persidangan seremonial.

“Anas Urbaningrum memang harus disidangkan secara riil. Jangan sekadar seremonial belaka. Ada banyak kejanggalan dalam persidangan Anas. Kami menuntut agar persidangan itu sebagai persidangan yang sebenarnya. Jika memang bersalah, tuntut Anas dengan hukuman setimpal,” kata Hafid koordinator aksi.

Tetapi jika memang ada hal-hal yang dapat meringankan Anas Urbaningrum, sepatutnya persidangan melihat itu. “Jangan hanya karena sejumlah tokoh mengatakan Anas Urbaningrum bersalah, kemudian persidangan menghukum Anas atas dasar komentar mereka, bukan dibuktikan dengan fakta-fakta,” lanjut Hafid.

Hal lain yang juga menjadi tuntutan para aktivis HMI Surabaya terkait dengan persidangan Anas Urbaningrum di Jakarta, Rabu (24/9/2014) ini yang memasuki tahapan pembacaan vonis, agar masyarakat tidak serta merta kemudian mengaitkan HMI sebagai organisasi dengan keberadaan Anas Urbaningrum yang alumni HMI.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs