Jumat, 17 Mei 2024

Hati-hati, Perut Buncit Bikin Penyakit

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Sebelumnya telah diulas apa saja yang jadi penyebab perut buncit. Mulai dari aktivitas sehari-hari yang tidak teratur hingga ke faktor turunan. Untuk mengatasinya, banyak cara dan tips yang dijabarkan via dunia maya.

Tips dan cara tersebut dimaksudkan agar terhindar dari berbagai bahaya kesehatan yang bisa mengancam mereka yang berperut buncit. Bahayanya antara lain :

1. Merusak sistem metabolisme tubuh
Tumpukan lemak dalam tubuh akan memproduksi hormon yang akan menghambat sistem metabolisme. Hal ini bisa mengubah reseptor insulin dalam tubuh hingga tubuh kesulitan untuk mengatur tingkat gula darah dan menyebabkan penyakit diabetes.

2. Kolesterol tinggi
Lemak yang berada di bagian perut bisa berubah jadi asam lemak dan menyebabkan munculnya kolesterol buruk dan triglycerides. Selain itu, asam lemak bebas juga bisa menyebabkan menurunnya tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

Jika bersamaan dengan obesitas dan kerusakan arteri, kolesterol buruk mengakibatkan beberapa penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

3. Penurunan fungsi paru-paru
Menurut peneliti kesehatan, perut yang membesar berkaitan dengan penurunan volume dan fungsi paru-paru. Jika terus dibiarkan maka akan menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan menimbulkan penyakit paru kronis atau asma.

4. Kerusakan pembuluh arteri
Selain masalah paru-paru, di tahun 2012 para peneliti kesehatan menemukan adanya kaitan antara kelebihan lemak atau perut buncit dengan kekakuan arteri.

Peneliti mengamati dua orang dengan obesitas dibagian perut dan obesitas secara umum, kemudian ditemukan hasilnya bahwa peningkatan 0,1 rasio lemak di pinggang bisa menyebabkan resiko kerusakan pada arteri.

Apabila dibiarkan saja tanpa diberikan penanganan bisa saja mendatangkan penyakit yang mematikan lainnya seperti jantung dan juga stroke.

5. Penyakit Demensia dan Alzheimer
Penumpukan lemak yang berlebihan ternyata juga menyebabkan penyakit langka seperti Alzheimer. Tahun 2010 ditemukan bahwa jumlah lemak di perut berkaitan dengan penurunan volume otak dan bisa menyebabkan penyakit Demensia dan Alzhaimer

Jadi, bagi Anda yang sekarang perutnya masih normal, sebaiknya jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup dan pola makan yang teratur juga dengan olahraga yang dilakukan secara rutin sebagai langkah awal mencegah perut buncit. (ain/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs