Jumat, 17 Mei 2024

Ini 4 Faktor Penyebab Perut Buncit

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Perut Buncit kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Mulai masalah penampilan yang terlihat kurang sempurna hingga soal kesehatan yang mengancam.

Selain itu, perut buncit juga tidak hanya dialami oleh orang yang berbadan gemuk, karena orang dengan berat badan ideal juga banyak yang memiliki perut buncit. Baik pria maupun wanita juga bisa mengalami perut yang membuncit.

Lalu apa yang jadi penyebab orang memiliki perut buncit? Menurut beberapa sumber, ada empat hal yang menyebabkan perut buncit. Diantaranya,

1. Faktor Lemak
Kandungan makanan yang tidak tercerna dengan cepat akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Ini adalah faktor utama yang sering disebut sebagai penyebab perut buncit.

Kadar lemak yang terlalu tinggi dalam aliran darah mendorong liver untuk mengeluarkan lemak jahat dan jika jumlahnya sangat tinggi akan menyebabkan aliran darah tersumbat. Sehingga, orang perut buncit umumnya punya masalah dengan kolesterol dan beresiko terkena penyakit koroner.

Untuk jenisnya sendiri ada dua yakni perut buncit yang lunak atau keras seperti wanita hamil.

Buncit yang lunak mengandung lemak yang disebut subcutaneous yang berada di bawah kulit atau diatas jaringan otot. Sedangkan buncit yang keras terdiri dari lemak visceral, yang berada diantara otot dan organ.

Dari segi kesehatan perut buncit yang keras rentan terhadap penyakit kardiovaskuler dan penyakit dalam, karena lemak dapat mengganggu sistem pencernaan dan sirkulasi darah normal.

2. Menyusutnya tulang belakang dan otot yang lemah
Ini disebabkan karena umur. Semakin tua tulang belakang tubuh manusia maka akan semakin mengerut, mengecil dan kekuatan otot juga berkurang. Namun konsumsi kalori atau semua jaringan lemak di sekitarnya tetap, sehingga perut akan jadi buncit.

3 Gaya hidup tidak sehat
Pola hidup yang tidak teratur dan kurangnya aktivitas tubuh dapat menyebabkan lemak dan perut membuncit. Seperti makan terburu-buru, porsi yang tidak sesuai, tidur setelah makan, kurang olah raga dan terlalu banyak tidur atau kurang tidur akibat aktivitas yang menumpuk.

4 Keturunan
Perut buncit yang biasanya diiringi tubuh besar juga dapat dialami orang yang mempunyai keturunan gemuk. Hal ini karena faktor genetik yang yang tersalur dalam tubuh. Meski, ia telah menerapkan pola hidup sehat, perut buncit bisa menurun pada anggota keluarga lainnya. (ain/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs