Selasa, 14 Mei 2024

Jangan Tergiur Harga Murah, Utamakan Kesehatan Ternak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemeriksaan gigi ternak sapi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Biasanya menjelang Idul Adha berbagai cara menjual ternak ditawarkan. Mulai dari bayar dengan cara cicil, hingga ternak dengan harga murah. Sebaiknya, tidak tergiur tawaran ternak dengan harga murah. Utamakan kesehatan hewan ternak qurban.

“Percuma dibeli kalau harganya murah tetapi ternak yang akan dikurbankan justru berpenyakit. Pilih dengan teliti, dan jangan asal terlihat besar dan kokoh. Utamakan kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan qurban. Itu justru lebih penting,” terang drh. Yetty Rizal kasie Kesehatan Veteriner dan Masyarakat, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya.

Menurut Yetty menjelang Idul Adha, penjualan hewan ternak mengalami peningkatan. Penjual biasanya hanya mempertimbangkan bagaimana menjual ternak sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kondisi kesehatan ternak yang akan dijual.

“Biasanya penjual tidak memperhatikan kesehatan ternak yang akan dijual. Dibeli dari daerah misalnya, kemudian dibawah ke Surabaya, tanpa memperhitungkan bagaimana makanan dan kesehatan ternak. Sampai di Surabaya, lemas, sakit. Ini yang berbahaya,” tukas Yetty.

Oleh karena itu, Yetty mengingatkan masyarakat agar tidak segan-segan bertanya pada penjual hewan ternak terkait kondisi kesehatan ternaknya. “Perlu ditanyakan kepada penjualnya bagaimana kondisi kesehatan ternak yang dijual. Selain juga harus melihat secara kasat mata kondisi ternaknya,” tambah Yetty pada suarasurabaya.net, Kamis (25/9/2014).(tok/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs