Selasa, 7 Mei 2024

Kantongi Izin, KBS Akan Benahi Penampilan

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan
Pesona Binatang di KBS. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Setelah mengantongi izin sebagai lembaga konservasi (LK) yang diserahkan langsung oleh Kementerian Kehutanan RI, Senin (18/8/2014) pagi, Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan melakukan pembenahan pada penampilan.

drh. Liang Kaspe, Direktur Operasional dan Umum PDTS KBS mengatakan, pembenahan tersebut merupakan rencana jangka pendek KBS, khususnya di tahun 2014 ini.

“Untuk tahun ini akan ada beberapa pembenahan penampilan, namun tetap membutuhkan proses dan waktu, tidak mendadak besok sudah berubah,” katanya saat dihubungi Radio Suara Surabaya.

Pembenahan penampilan tersebut di antaranya ialah pemindahan servis area seperti gudang makanan satwa, perkantoran, klinik dan karantina ke lahan parkir. Sehingga, lahan eks servis tersebut bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk sangkar peraga baru.

Setelah itu, katanya, binatang-binatang yang ada akan dikelompokkan berdasarkan kelasnya, misalnya, kelas hewan menyusui, kelas hewan melata, kelas burung, kelas ikan dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk pengembangan satwa KBS, pihaknya juga berencana melakukan pengiriman satwa seperti tukar-menukar, peragaan dan pelepas liaran. “Namun sesuai prosedur, hal ini harus sepengetahuan Kemenhut dan memiliki sejumlah peraturan dan perjanjian yang disepakati,” terangnya.

Ia menambahkan, tukar – menukar satwa maksudnya ialah bekerja sama dengan kebun binatang lain di hingga tingkat internasional dengan mengirimkan satwa yang surplus atau peminjaman satwa untuk pengembang biakan.

“Misalnya kita punya hewan jantan saja, Itu bisa dikirm ke kebun binatang X untuk dikawinkan. Dan tentu saja sesuai dengan perjanjian yang disekapakati sebelumnya, seperti perjanjian soal anak. Dan hewan yang dikirimkan tersebut tetap milik KBS,” jelasnya. (ain/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
24o
Kurs