Minggu, 5 Mei 2024

Karya Maestro Animasi Prancis Hadir di FSP 2014

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara karya Jacques Remy Girerd. Foto: Totok suarasurabaya.net

Untuk pertama kalinya Festival Sinema Prancis mempersembahkan satu diantara programnya yang secara khusus dipersembahkan untuk Jacques-Rémy Girerd, seorang maestro film animasi Prancis.

Dikenal sebagai sutradara dan produser film animasi yang lembut dan puitis, Jacques-Rémy Girerd mendapatkan penghargaan The Best Animated Feature dalam ajang European Film Awards 2009 untuk karyanya Mia et le Migoo serta dinominasikan penghargaan Oscar kategori film animasi terbaik tahun 2010 untuk film Une Vie de chat.

Pendiri studio animasi Folimage dan sekolah animasi La Poudrière ini juga menyutradai tiga film panjang, di antaranya adalah La Prophétie des grenouilles, yang sukses mendulang penonton dan mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi di berbagai belahan dunia. Film panjang terakhirnya, Tante Hilda!, lolos seleksi kompetisi di ajang Berlinale 2014.

Sebagai sutradara dan produser, dari tangannya telah lahir dua puluhan film dan serial animasi. Pendiri Studio Folimage dan Sekolah La Poudrière ini merupakan sineas kontemporer yang ulung. Selain beberapa kali masuk nominasi Oscar, Jacques juga mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai festival.

Dengan dukungan dari Institut Prancis di Paris, 3 filmnya dan 16 film pendek yang diproduksi oleh timnya akan diputar dalam Festival Sinema Prancis 2014. Sosok yang peduli terhadap bakat-bakat muda ini juga akan hadir pada festival tahun ini untuk memandu beberapa masterclass di Indonesia.

Festival Sinema Prancis 2014 menghadirkan seleksi terbaik film-film pendek dari Folimage untuk anak-anak dan dewasa. Sebuah perjalanan indah yang dituangkan dalam berbagai teknik animasi dan semesta artistik yang mengejutkan.

“Kesempatan langka untuk dapat menyaksikan karya-karya sang maestro animasi dari Prancis ini,” ujar Pramendha Khrisna bidang Budaya & Komunikasi IFI Surabaya, saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (1/12/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs