Sabtu, 27 April 2024

Lima Alasan Kenapa Harus Officeless

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Foto : Ilustrasi

Kantor telah menjadi salah satu sarana utama yang harus dimiliki para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Namun seiring waktu berjalan, peran kantor mulai tergerus. Berbagai perkembangan teknologi memudahkan para pegawai untuk berhubungan dengan pekerja lain dan perusahaannya tanpa harus ngantor.

Liputan6.com menulis, penelitian dari Regus Global Economic Indicator memperlihatkan 48% dari 26 ribu manajer di 90 negara berbeda mengaku sudah tak lagi bekerja di kantor. Berikut lima alasan mengapa kantor tak diperlukan lagi untuk bekerja:

1. Perusahaan lebih hemat

Selama ini, banyak perusahaan menghabiskan dana dalam jumlah besar untuk membeli properti untuk para pegawai. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Kanada, saat ini bermimpi untuk membuat para pekerjanya bisa bekerja darimana saja dan tak perlu pergi ke kantor.

Perusahaan bisa berhemat, tidak lagi menghabiskan uang untuk keperluan kantor, internet, peralatan kantor dan lainnya.

2. Pegawai bisa menghemat waktu

Perjalanan ke kantor merupakan masalah besar bagi banyak pegawai di seluruh dunia. Menurut laporan dari Biro Sensus Amerika Serikat, sekitar 600 ribu pekerja di sana menghabiskan waktu 90 menit hanya untuk mencapai tempat kerjanya.

Tanpa harus pergi ke kantor dan bekerja dari rumah, para pegawai dapat menghemat banyak waktu. Tak hanya itu, para karyawan juga dapat menghemat lebih banyak uang karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk sampai ke kantor.

3. Pegawai lebih produktif

Terdapat sejumlah laporan yang membuktikan bahwa para pekerja yang bekerja dari rumah jauh lebih produktif dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Menurut Global Workplace Analytics, sekitar US$ 600 miliar terbuang percuma karena produktivitas pegawai terganggu akibat harus bepergian di kantor.

4. Meningkatkan kualitas hidup pegawai

Beberapa tahun lalu, para peneliti di Umea University di Swedia menemukan pasangan yang bercerai karena menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja ke kantor. Bekerja merupakan salah satu yang menyebabkan para pegawai merasa stres.

Salah satu penyebab utama stres pada pegawai adalah perjalanan ke kantor.

5. Banyak tempat kerja baru

Lokasi apapun bisa menjadi tempat kerja yang potensial termasuk kedai kopi, rumah, atau di mana saja melalui sambungan internet. Tanpa kantor, para pegawai dapat menyediakan banyak tempat dengan suasana baru. (lip/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs