Rabu, 24 April 2024

Malam Ini Soekarwo Menginap di Rumah Korban Kelud

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo, Gubernur Jawa Timur bakal menginap di lokasi pengungsian warga korban letusan Gunung Kelud. Rencananya, Soekarwo akan menginap di salah satu rumah warga korban letusan yang ada di kawasan Kabupaten Kediri.

“Lokasinya belum diputuskan, tapi saya ingin memberikan semangat bagi warga dengan ikut menumpang tidur di rumahnya,” kata Soekarwo, Senin (24/2/2014). Rencananya tidur di rumah warga akan dilakukan malam nanti. Soekarwo sendiri akan berangkat dari Grahadi sore ini dan langsung menuju ke kawasan Kediri.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan kembali rumah warga, Soekarwo memastikan pembangunan dimulai sejak hari ini, Senin. Rekonstruksi diutamakan bagi rumah warga yang tidak mampu. “Hasil kesepakatan yang diprioritaskan adalah milik warga yang tidak mampu bukan rumah yang rusak berat,” kata Pakde Karwo.

Soekarwo sendiri optimis pembangunan rumah korban Kelud akan selesai dalam dua pekan. Hitungannya, kata dia, satu rumah dikerjakan oleh 10 orang personel TNI. Dengan kekuatan 4 ribu personel, maka untuk membangun 8 ribu rumah diperlukan waktu dua pekan ke depan sudah selesai.

Selain membangun kembali rumah warga, pemerintah juga memberikan bantuan distribusi air bersih untuk tiga daerah Malang, Blitar dan Kediri.

Di Kediri misalnya, ada 11 truk yang disediakan untuk memobilisasi air bersih. Begitu juga di Malang karena jangkauannya lebih sulit maka truk tangki yang disediakan lebih banyak yaitu 23 unit.

Terkait status Kelud, Soekarwo tetap mengimbau warga menjauhi radius aman 5 KM. Apalagi, status Kelud hingga saat ini masih berstatus Siaga. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs