Minggu, 5 Mei 2024

Menperin dan Mendag Rapat Bahas Mainan Anak

Laporan oleh Triono
Bagikan

Saleh Husin Menteri Perindustrian (Menperin) dan Rahmat Gobel Menteri Perdagangan (Mendag) melakukan rapat bersama membahas beberapa hal, termasuk penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mainan anak.

“Inti dari pelabelan SNI sendiri adalah untuk melindungi keselamatan dan kesehatan konsumen, oleh sebab itu kita ingin secepatnya itu diberlakukan. Tahun depan, kita ingin secepatnya,” kata Saleh Husin usai rapat di Ruang Cendrawasih, Kemenperin di Jakarta, Senin (1/12/2014) sore.

Sementara itu, melansir dari Antara, Rahmat Gobel menilai saat ini masih banyak produk mainan anak, baik produksi dalam maupun impor yang belum berstandar SNI.

“Mainan anak yang di pasar-pasar itu banyak yang tidak memenuhi standar, contohnya kalau terkena suhu 40 derajat saja, bahan kimianya akan menguap dan terhirup oleh anak-anak, itu banyak yang tak terungkap,” kata Rahmat Gobel.

Selain membahas terkait rencana penerapan SNI, Menperin dan Mendag juga membahas strategi peningkatan ekspor yang akan dilakukan tahun 2015.

“Kita ingin tingkatkan ekspor hingga 300 persen dalam waktu lima tahun ke depan, oleh karena itu saya berkomunikasi dengan Pak Menperin bagaimana strateginya dan langkah apa yang harus kita lakukan untuk mendorong industri Nasional kita dan bagaimana memberdayakan apa yang kita miliki,” kata Rahmat Gobel.

Senada dengan Rahmat Gobel, Saleh Husin mengatakan rapat koordinasi antar-kedua kementerian akan senantiasa dilakukan guna mendapatkan formulasi rencana peningkatan ekspor.

“Kita akan rapat lagi minggu depan di Kemendag, setelah ini kita akan rapat terus,” katanya.(ant/ono/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs