Kamis, 25 April 2024

Merampok Uang SPBU Rp313 Juta, Pelaku Dikejar dan Tertangkap

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Pelaku perampokan uang SPBU Wongsorejo, Banyuwangi, sebesar Rp313 Juta, berhasil ditangkap polisi setelah dilakukan pengejaran sampai di Bondowoso, Senin (27/1/2014).

AKBP Yusuf Kapolres Banyuwangi, waktu dikonfirmasi Radio Suara Surabaya, Senin mengatakan, pelaku yang berhasil ditangkap dua orang, dua lainnya masih melarikan diri dan dalam pengejaran petugas kepolisian.

AKBP Yusuf menjelaskan, kronologi peristiwa kriminal ini berawal saat karyawan BRI mengambil uang di SPBU Wongsorejo dengan mengendarai sepeda motor untuk dibawa ke kantor BRI. Namun dalam perjalanan yang belum jauh dari lokasi SPBU tersebut, sekitar pukul 11.00 dia dihadang dua sepeda motor yang dikendarai 4 pelaku perampokan.

Petugas BRI kemudian dibacok pelaku dan terjatuh. Tas yang berisi uang Rp313 juta tersebut diambil pelaku. Korban mengalami luka di punggung dan pinggangnya. Korban berteriak minta tolong, akhirnya ada orang SPBU yang melihat kejadian ini lapor polisi.

Polisi pun menyebarkan informasi perampokan tersebut. Namun ternyata di sebuah tempat pelaku berganti kendaraan sepeda motor dengan mobil Toyota Yaris warna putih Nopol B1234 KDH. Petugas yang awalnya tidak mengetahui pelaku yang sudah berganti kendaraan, mencurigai mobil yang lajunya selalu ngebut di jalanan yaitu Yaris putih tersebut. Kapolsek setempat dan petugas Reskrim jajaran Polres Banyuwangi mengejar keberadaan mobil tersebut yang lari menuju ke arah Bondowoso.

Ada 7 petugas Reskrim Polres Banyuwangi yang akhirnya menemukan jejak pelaku dan mengepung mereka yang berada dalam mobil Yaris. Pelaku pun panik akhirnya mengambil jalan yang ternyata tidak bisa dilewati mobil atau gang buntu.

Sekitar pukul 13.30, dua pelaku berhasil ditangkap Desa Grujugan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, tapi dua pelaku lainnya kabur. Uang hasil rampokan sudah dibuang di tengah jalan saat pelaku mengetahui sudah dikejar polisi. Setelah pelaku yang ditangkapkan didesak polisi akhirnya mengaku keberadaan uang itu. Uang yang dimasukkan ke tas ransel dan berhasil ditemukan polisi, dan mobil Yaris berhasil diamankan juga sebagai barang bukti.

Saat ini kata AKBP Yusuf, petugas kepolisian sedang konsentrasi mengejar dua pelaku yang melarikan diri. Sedangkan untuk informasi kondisi korban yang awalnya dibawa ke Puskesmas, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Blambangan, Banyuwangi karena terluka cukup parah.(ipg)

Teks Foto:
– Mobil Toyota Yaris Nopol B1234 KDH yang digunakan oleh pelaku perampokan diamankan polisi di Desa Grujugan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, Senin (27/1/2014).
Foto: Rakha Tejo Kirana via FB Suara Surabaya e100

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs