Kamis, 2 Mei 2024

Minggu Malam, Waspadai Bocoran Jawaban UN Palsu

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Isa Anshori ketua Dewan Pendidikan Surabaya, mengingatkan kepada segenap orang tua siswa maupun pada siswa peserta Ujian Nasional (UN) SMA 2014 untuk mewaspadai munculnya bocoran jawaban UN pada Minggu (13/4/2014) malam.

“Minggu (13/4/2014) malam besok, pasti akan muncul kabar atau isu adanya bocoran jawaban UN. Percaya atau tidak, hal seperti itu selalu terjadi setiap tahun menjelang pelaksanaan Ujian Nasional. Mohon untuk tidak mudah percaya dengan kabar itu,” kata Isa Anshori, Sabtu (12/4/2014).

Tahun lalu, cerita Isa, bersama dengan sejumlah pemantau pendidikan di Surabaya, pihaknya melakukan upaya untuk mencoba mendapatkan bocoran jawaban ujian nasional. Bergerak dari setiap sudut kota seiring beredarnya kabar itu, ternyata memang tidak satupun temuan memuaskan.

Akhirnya, Isa memutuskan untuk segera menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak yang terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional ketika itu, dan menyampaikan agar mewaspadai munculnya bocoran jawaban ujian nasional sehari jelang pelaksanaan UN.

“Ternyata tidak ada satupun kabar itu yang benar. Dan kami segera mengambil tindakan untuk terus menerus mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dan berhenti mengambil keputusan cepat membeli bocoran jawaban soal ujian nasional. Kabar itu tidak pernah terbukti benar,” kata Isa.

Jelang pelaksanaan UN SMA 2014 pada Senin (14/4/2014) mendatang, Isa memastikan bakal beredar kabar bocoran jawaban soal ujian nasional pada Minggu (13/4/2014) malam di Surabaya.

“Dan itu biasanya langsung direspon pelajar-pelajar yang memang ingin beradu nasib mendapat jawaban ujian nasional. Dan biasanya juga mereka sudah menyediakan dana untuk itu. Sebaiknya jangan, dan orang tua siswa sebaiknya ikut mewaspadai itu,” kata dia.

Ditemui terpisah Johanes Mardijono kepala SMAN 1 Surabaya sudah melakukan sosialisasi kepada siswanya yang akan menempuh ujian nasional agar tidak percaya begitu saja terkait bocoran jawaban spoal ujian nasional.

“Secara pribadi, kami masuk keruang-ruang kelas untuk berbicara dengan siswa agar tidak percaya dan tidak perlu merespon munculnya kabar bocoran jawaban soal ujian. Kami percaya Minggu (13/4/2014) malam nanti bakal muncul kabar bocoran itu,” kata Mardijono.(tok/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs