Selasa, 16 April 2024

Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim Tinjau Pengamanan Gereja

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Mayjend TNI Eko Wiratmoko Pangdam V Brawijaya mengucapkan selamat natal kepada puluhan ribu umat kristiani, saat melakukan peninjauan pengamanan Gereja. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Mayjend TNI Eko Wiratmoko Pangdam V Brawijaya dan Irjen Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim meninjau pengamanan malam Natal 2014 di sejumlah gereja besar di Surabaya, Rabu (24/12/2014) malam.

Pantauan suarasurabaya.net, Gereja Bethany menjadi satu diantara Gereja yang didatangi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim untuk memantau pengamanan yang dilakukan oleh personel TNI dan Polri. Rombongan Pangdam dan Kapolda tiba sekitar pukul 21.00 WIB.

Dalam kedatangannya, Irjen Pol Anas Yusuf dan Mayjend TNI Eko Wiratmoko mengucapkan selamat natal kepada para jemaat yang hadir saat itu. Secara bergantian, keduanya mengucapkan selamat natal di panggung depan puluhan ribu jemaat.

“Selamat Natal untuk anda semuanya. Dan mudahan-mudahan perayaan Natal tahun ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Irjen Pol Anas Yusuf.

Selanjutnya, Mayjend TNI Eko Wiratmoko juga mengucapkan hal serupa. Dia mengatakan, telah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk dengan Polda Jawa Timur untuk melakukan pengamanan selama Natal dan tahun baru.

“Saya sudah berkoordinasi dengan bapak Kapolda, dan pihak lainnya, untuk menjaga keamanan dalam perayaan Natal hingga pergantian tahun baru nanti,” kata Mayjend TNI Eko.

Sementara itu, Kombes Pol Awi Setiyono Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, Kapolda bersama Pangdam V Brawijaya melakukan peninjau langsung pengamanan Gereja, sebagai bentuk tanggung jawab dalam pelaksanaan pengamanan selama Natal.

“Tujuannya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan Natal,” kata Kombes Pol Awi saat mendampingi Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya melakukan peninjauan pengamanan di Gereja.

Kapolda dan Pangdam V Brawijaya, kata dia, mengecek pengamanan di Gereja Katedral Hati Kudus Jl. Polisi Istimewa dan Gereja Bethany Jl. Nginden Intan, Surabaya.

Sekadar diketahu, sebanyak 35 ribu jemaat yang hadir untuk mengikuti ibadah malam Natal di Gereja Bethany, Surabaya. Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Banser tampak melakukan penjagaan di sekitar Gereja dan dalam Gereja.

Sementara untuk jumlah personel gabungan yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan di seluruh Jawa Timur, sebanyak 9.904 personel yang tergabung dalam Operasi Lilin Semeru 2014. (wak)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs