Selasa, 7 Mei 2024

Peduli Global Warming Ciptakan EROS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

EROS adalah kepanjangan dari Zero Emition, yang merupakan nama moped atau motor sepeda karena ber cc kecil, dengan tenaga listrik sebagai sumber penggerak mesin karya mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya).

Moped yang ada di pasaran saat ini sebagian besar memang masih menggunakan bahan bakar bensin, dan dengan mempertimbangkan hal itu, maka EROS nantinya dapat menjadi alternatif kendaraan bertenaga listrik yang lebih hemat energi.

Dengan cara pengoperasionalan yang tidak jauh berbeda dengan motor matic biasa, butuh waktu antara 4 hingga 5 jam untuk pengisian batere listriknya, agar bisa bergerak dikendarai.

“Dari percobaan yang sudah kami lakukan, dengan batere penuh, EROS dapat dikendarai hingga 15km. Dan moped ini betul-betul minim emisi karena sepenuhnya menggunakan tenaga listrik,” terang Ruben Cahyadi Susanto.

Ruben Cahyadi Susanto adalah mahasiswa Jurusan Desain Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya, yang sengaja memilih tugas akhir membuat moped bertenaga listrik ini dengan tagline: 0% Emition, 100% Electric.

Dengan waktu pembuatan sekitar 7 bulan, moped bertenaga listrik kaya Ruben ini jika sudah diproduksi secara massal maka dapat dipastikan harganya akan lebih murah sampai ke tangan konsumen.

“Ada satu kelemahan terkait dengan EROS karya Ruben ini, yaitu masih belum adanya charger point yang bisa melayani kebutuhan listrik kendaraan ini. Kalau ke depan nanti tersedia, saya yakin EROS jadi pilihan transportasi,” tukas Ir.Kresno Soelasmono M.S. selaku dosen pembimbing saat ditemui suarasurabaya.net, Selasa (15/4/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– Ruben dengan EROS buatannya.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs