Senin, 17 Juni 2024

Pelajar Mentawai Terima Beasiswa UKWMS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Untuk membangun komitmen sekaligus kepekaan terhadap pendidikan, Jumat (25/7/2014) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menandatangani pemberian beasiswa terhadap 19 pelajar asal Kabupaten Mentawai.

Ke 19 pelajar penerima beasiswa jenjang pendidikan S1 tersebut berasal dari 3 kepulauan yang berada di wilayah Kabupaten Mentawai. Yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora dan Pulau Pagai.

“Kami berupaya untuk meningkatkan aksesibilitas calon mahasiswa atau generasi muda yang tidak memperoleh kesempatan untuk menikmati pendidikan tinggi yang berkualitas dengan alasan kondisi ekonomi maupun keterasingan lokasi,” ujar Kuncoro Foe Rektor UKWMS.

Lebih jauh, lanjut Kuncoro dengan pogram semacam ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam hal pengembangan SDM mengingat daerah ini sangat potensial dalam hal sumberdaya alam untuk berkembang namun tidak dapat dikelola secara mandiri karena kualitas SDM yang terbatas.

Kerjasama pemberian beasiswa ini meliputi pembiayaan penuh bagi pelajar asal Kepulauan Mentawai selama 8 semester kuliah S1 di UKWMS, serta pembebasan dari kewajiban membayar uang pendaftaran, uang kuliah dasar, uang sumbangan pendidikan serta uang SKS.

Syarat yang harus mereka penuhi agar tetap mendapat beasiswa adalah mempertahankan indeks prestasi minimal di angka 2,25. Para penerima beasiswa ini masuk dalam 3 fakultas di UKWMS. Mereka terbagi di Fakultas Keperawatan sebanyak 4 mahasiswa, Fakultas Teknik 8 mahasiswa, dan Fakultas Ilmu Keguruan dan llmu Pendidikan 7 orang.(tok/ipg)

Teks foto:
-Perwakilan pelajar Mentawai penerima beasiswa.
Foto: Istimewa

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
30o
Kurs