Selasa, 21 Mei 2024

Pemprov Jatim Ubah Nama Dua Rumah Sakit

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengubah nama dua rumah sakit, masing-masing Rumah Sakit Kusta di Kediri dan Rumah Sakit Paru di Jember menjadi Rumah Sakit Infeksi.

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan penandatanganan perubahan nama dua rumah sakit tersebut sudah dilakukan pada pekan lalu.

“Saya sudah tandatangani perubahan nama rumah sakit tersebut. Tidak lagi RS Kusta dan Paru, tapi RS Infeksi,” kata Soekarwo kepada wartawan, Minggu (21/9/2014), dilansir dari Antara.

Dia mengatakan perubahan nama itu, selain mengacu pada regulasi pemerintah, juga untuk mengubah kesan yang tidak bagus terhadap rumah sakit tersebut.

Menurutnya, selama ini banyak yang merasa tabu bila datang ke RS Kusta atau RS Paru. Padahal, keduanya memiliki pelayanan juga untuk kepentingan masyarakat umum.

“Tapi, kesan selama ini bahwa berobat di RS kusta berarti terkena penyakit tersebut, padahal belum tentu. Kesan ini yang akan kami ubah,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengizinkan bila RS Kusta atau RS Paru juga membuka poliklinik umum. Tidak hanya mengobati mereka yang sakit kusta atau paru saja.

Namun, pengobatan utama penyakit kusta dan paru tidak boleh ditinggalkan sebab itu adalah pelayanan utama rumah sakit tersebut. “Jangan lantas membuka polilklinik untuk umum, tapi pelayanan utamanya hilang. Penderita kusta dan paru tetap mendapat pelayanan utama,” kata Soekarwo.

Gubernur berharap, dengan perubahan nama itu, tidak ada lagi warga yang merasa tabu untuk datang. Mereka datang karena menganggap terkena penyakit infeksi bukan penyakit kusta atau paru.

Pihaknya juga sudah mendapat izin dari Pemerintah Pusat terkait perubahan nama tersebut. Bahkan, dianjurkan mengubah nama secepatnya agar tidak memunculkan kesan negatif terhadap dua rumah sakit tersebut.

Disinggung dengan keberadaan rumah sakit jiwa dirinya menyatakan belum ada rencana perubahan nama tersebut. “Masih tetap, hanya dua saja yang kami ubah menajdi RS Infeksi,” pungkasnya. (ant/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs