Jumat, 3 Mei 2024

Pemulung Temukan Mortir Aktif di Perum Gunungsari Indah

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Mortir lontar jenis M.68 ditemukan Sunaryo (49) warga Kedurus, di lahan kosong kawasan Perum Gunungsari Indah. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Sebuah mortir aktif ditemukan seorang warga di sebuah lahan kosong, kawasan Perum Gunungsari Indah, Karang Pilang, Surabaya, Jumat (7/11/2014). Mortir lontar jenis M.68 ditemukan Sunaryo (49) warga Kedurus, Surabaya, saat dirinya mengais sampah di lahan kosong tersebut.

AKP Novi Herdiyanto Kanit Reskrim Polsek Karang Pilang mengatakan, Sunaryo menemuan mortir aktif ini sejak Kamis (06/11/2014) malam. Namun, dirinya baru melaporkan ke Polisi Jumat (7/11/2014) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Sunaryo yang berprofesi sebagi pemulung ini melihat besi seperti bom pada Kamis malam. Karena takut, di langsung pulang ke rumah, dan baru Jumat pagi melaporkan ke Polsek Karang Pilang,” kataa AKP Novi kepada wartawan, Jumat (7/11/2014).

Dia menambahkan, pihaknya langsung menuju lokasi setelah mendapatkan laporan. Saat dilakukan pengecekan, ternyata benar yang ditemukan warga adalah sebuah mortir. “Kami langsung berkoordinasi dengan tim Jibom Polda Jatim untuk menindak lanjuti,” ujarnya.

Tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Jatim yang datang ke lokasi, langsung melakukan pengecekan. Hasilnya, mortir yang ditemukan diketahui masih aktif.

Sementar itu, Kompol Teguh Santoso Kasubden Jibom Polda Jatim mengatakan, mortir yang masih aktif tersebut berjenis mortir Lontar (M. 68) dengan panjang 40 centimeter dan berdiameter 10 centimeter. Karena mortir tersebut membahayakan, maka langkah selanjutnya adalah pemusnahan mortir dengan cara diledakkan.

“Mortir ini spesifikasinya cukup besar, sehingga akan segera kami ledakan ditempat yang aman, jauh dari pemukiman penduduk,” kata Kompol Teguh. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Tim Jibom Gegana Polda Jatim saat melakukan pengecekan mortir yang ditemukan oleh warga.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs