Kamis, 2 Mei 2024

Pendidikan Karakter adalah Modal Hadapi MEA

Laporan oleh Triono
Bagikan

Saifulah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur meminta para guru menanamkan pendidikan karakter kepada siswanya dengan memadukan metode pembelajaran sekaligus memasukkan budi pekerti.

Baginya, pendidikan karakter menjadi modal yang penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015. Oleh sebab itu, Pemprov Jatim gencar menyosialisasikan pentingnya pendidikan karakter.

“MEA 2015 menuntut semua yang berkecimpung di dalamnya agar mempunyai mental luar biasa, karena berhadapan dengan masyarakat dari luar Indonesia. Di dalam pendidikan karakter, diajarkan untuk menjadi manusia yang cerdas, jujur, tangguh, dan peduli,” katanya seperti dilansir Antara, Senin (20/10/2014).

Keempat hal tersebut, lanjutnya, merupakan kunci sukses bagi masyarakat Jatim agar bisa memasuki MEA 2015 dan ambil bagian di dalamnya.

Terakhir, dia juga mencontohkan, di beberapa negara maju banyak yang meninggal bunuh diri lantaran tidak memiliki pendidikan yang berkarakter.

“Di Jepang dan Amerika banyak orang pinter tetapi angka bunuh diri tinggi. Inilah bukti pentingnya pendidikan karakter,” tutupnya.(ant/ono/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs