Jumat, 26 April 2024

Per 1 Juni, Pengumuman Boarding Juanda Akan Ditiadakan

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Andrias Yustinian, Kepala Seksi Humas Angkasa Pura 1 Juanda pada Radio Suara Surabaya mengatakan, mulai 1 Juni 2014 nanti, Automatic Anouncing System atau pengumuman boarding akan ditiadakan.

Hal ini dilakukan karena pihak Juanda ingin membuat nyaman para penumpang dengan mencontoh negara Korea Selatan. Dimana disana pihak bandara meniadakan pengumuman bording, kecuali panggilan penumpang yang dilakukan secara manual.

Menurutnya, informasi tersebut telah diberitahukan melalui banner dan beberapa pamflet yang dipasang di beberapa titik, Bandara Juanda.

“Informasi awalnya sendiri sudah kami sampaikan melalui media. Sedangkan untuk pemberlakuannya kami akan melakukan tiga tahapan,” kata dia.

Tiga tahapan itu antara lain, menyampaikan status waktu, pintu keberangkatan setelah calon penumpang keluar dari meja cek in, lalu dilakukan penjemputan dan perjalanan dengan status bording.

“Pihak petugas harus mengingatkan calon penumpang termasuk saat menuju pintu keberangkatan, apakah sesuai dengan jam, dan apakah gate sesuai dengan boarding pas dan diharapkan penumpang juga memperhatikan betul,” paparnya.

Sementara itu, pihak bandara juga telah menyiapkan kompensasi bagi penumpang terkait keterlambatan info penerbangan yang tidak tersampaikan dan menyiapkan petugas secara aktif.

Selain itu, layar monitor akan selalu update Flat Informasi Data Sistem (FIDS) dari status kondisi jadwal pesawat, ketersediaan pesawat untuk melakukan keberangkatan, bording, dan final Call setelah boarding.

Sebelumnya, bandara di indonesia memang biasa menggunakan Automatic Announcement system (AAS) yang mengiringi proses penerbangan. Misalnya seperti di waiting room, disertakaan pada saat terdisplay secara digital di beberapa tampilan Flat Informasi Data Sistem (FIDS), bersama dengan itu maka automatic sistemnya berbunyi juga. (art/ain)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs