Rabu, 27 Mei 2020

Perlebar Saluran Air dan Kerja Bakti Perang Lawan Banjir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Mengantisipasi terjadinya banjir, Kecamatan Sawahan Surabaya mencoba terus berperang lawan banjir dengan menggalakkan kerja bakti serta berharap pelebaran saluran air.

”Beberapa kawasan di Sawahan memang sering banjir. Sebagai upaya yang juga melibatkan masyarakat adalah dengan menggiatkan kerja bakti,” terang Muslich Hariadi Camat Sawahan pada suarasurabaya.net, Kamis (16/1/2014).

Kerja bakti, lanjut Muslich, dilakukan sejak sebelum musim hujan dan lebih ditingkatkan ketika memasuki musim hujan.

Namun demikian ditambahkan Muslich, kerja bakti yang melibatkan masyarakat jadi kurang membuahkan hasil jika sejumlah saluran air belum diperlebar.

Saluran air yang ada saat ini, seperti di kawasan Petemon, Simo Kwagean, kondisinya memang butuh diperlebar. Mengingat dua kawasan itu tergolong saluran air dengan elevasi tinggi.

“Apalagi saat musim hujan, dengan elevasi tinggi air melintasi saluran air di dua kawasan itu. Oleh karena itu perlu diperlebar dan diperdalam saluran airnya,” tegas Muslich.

Muslich mencontohkan kawasan Jalan Mayjend Sungkono yang selalu diwarnai banjir setelah dibangun box culvert tidak lagi terlihat genangan air.(tok/ipg)

Teks Foto:
– Banjir sering terjadi di kawasan Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Sawahan Surabaya sebelum dibangun box culvert. Sekarang ini tidak lagi terjadi seperti dalam foto tersebut.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Mobil Box Terguling di MERR

Surabaya
Rabu, 27 Mei 2020
30o
Kurs