Senin, 6 April 2020

Pesawat Baru Kepresidenan Seharga Rp 847 Miliar

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Harga pesawat baru kepresidenan yang baru saja tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (10/4/2014), diperkirakan mencapai sekitar Rp847 miliar.

“Kami telah menerima pesawat jenis Boeing Business Jet 2 atau BBJ-2,” kata Sudi Silalahi, Menteri Sekretaris Negara dalam konferensi pers di Bandara Halim Jakarta.

Menurut dia, penerimaan pesawat baru kepresidenan setelah melalui proses pengadaan kurang lebih selama empat tahun.

Selain itu, lanjutnya, pesawat terasebut telah dirancang dan didisain sehingga dapat memenuhi persyaratan serta akan lebih mengefektifkan dan mengefisienkan perjalanan dinas kepresidenan.

Dilansir dari Antara, berdasarkan rilis acara penyambutan dan peresmian penyerahan pesawat kepresidenan yang dibagikan kepada wartawan, pesawat kepresidenan yang dibeli sebanyak satu unit dengan harga sekitar 89,6 juta dolar AS atau sekitar Rp847 miliar.

Harga sebesar itu sudah termasuk fabrikasi, modifikasi interior serta beragam modifikasi lainnya yang diperlukan.

Sedangkan rilis itu juga menyebutkan bahwa pembayaran harga pesawat dilakukan melalui skim kontrak tahun jamak dari tahun 2010-2014.

Pesawat yang dapat mengakomodasi hingga 67 orang itu dilengkapi dengan interior ruang pertemuan, ruang rapat dan ruang eksekutif guna memfasilitasi presiden dalam menunaikan tugas kenegaraan.

Pesawat tersebut juga dilengkapi perangkat keamanan dan tangki bahan bakar telah diambil hingga menjadikan pesawat itu sanggup menempuh jarak di kisaran 5.000 mil laut atau sekitar 10.000 kilometer.

Mensesneg memaparkan bahwa dari sisi anggaran negara, penggunaan pesawat kepresidenan jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan pesawat komersial.

Dari perhitungan yang dilakukan dengan cermat oleh pemerintah, penghematan anggaran negara, selama masa pakai pesawat itu di kisaran beberapa tahun ke depan dilaporkan adalah Rp114,2 miliar. (ant/ain/fik)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Senin, 6 April 2020
27o
Kurs