Selasa, 23 April 2024

Pola Makan Teratur, Cara Jitu Hindari Sakit Maag

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Tuntutan pekerjaan yang cukup tinggi, seringkali membuat seseorang lupa memikirkan kesehatan tubuhnya. Bahkan tidak jarang para pekerja khususnya profesional muda yang terkena penyakit maag karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Seperti yang disampaikan dr. Erwin Astha Triyono, Spesialis Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (14/6/2014). Dia mengatakan kebanyakan para profesional mengesampingkan asupan makanan yang masuk ke tubuhnya.

Dengan aktivitas penuh, karena tuntutan pekerjaan, persaingan dan padatnya jadwal seringkali seseorang lupa untuk makan serta menimbulkan stres. Kemudian saat lapar suka menunda dan tidak memperhatikan jenis makanan yang dimakan. Inilah gambaran umum pola hidup para profesional yang tinggal di perkotaan.

Bagaimana cara para profesional muda mensiasati agar dalam menajalankan rutinitas yang begitu padat, tetap fit dan terhindar dari penyakit Maag?

Elendra Tri (24) satu diantara profesional muda mengatakan, kunci utama agar terhindar dari sakit maag adalah pola makan yang teratur. Selain itu, makanan dengan gizi yang cukup harus dikonsumsi setiap harinya untuk menunjang aktivitas.

Pria yang dalam kesehariannya disibukkan dengan pekerjaannya sebagai jasa pengurusan sertifikat properti dan sibuk di Paguyuban Cak & Ning Surabaya ini, mengaku tidak pernah merasakan keluhan sakit pada perut, atau sakit maag. Dia selalu berusaha mengontrol pola makan dirinya sendiri.

“Kita harus pintar-pintar mengontrol pola makan. Karena diri kita sendiri yang tahu seberapa besar daya tahan tubuh yang dimiliki,” kata Elendra kepada suarasurabaya.net, Sabtu (14/6/2014).

Dia menambahkan, sesibuk apapun rutinitas pekerjaan, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong. “Meskipun kadang saya juga telat makan, tapi prinsipnya perut jangan sampai kosong. Jika tidak sempat untuk makan makanan berat, bisa disiasati dengan makanan ringan yang sehat,” ujarnya.

Senada dengan Elendra, Wisnu Wijaya (23), pria yang juga aktif di Paguyuban Cak & Ning ini mengatakan, olahraga juga sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

“Alhamdulillah belum pernah sakit maag,” kata Wisnu.

Dia menambahkan, dalam hal pola makan, pria ini selalu mempunyai prinsip ‘Makan tepat waktu, dan berhenti makan sebelum kenyang’. (wak/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs