Selasa, 28 Mei 2024
Apel Konsolidasi PAM Pemilu

Polda Jatim Ucapkan Terima Kasih Pada Masyarakat

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Brigjen Pol Suprodjo WS Wakapolda Jatim (kiri) bersama Tri Rismaharini Walikota Surabaya (kanan) usai apel konsolidasi pengamanan Pemilu 2014 di Mapolda Jatim. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Dalam apel konsolidasi pengamanan (PAM) Pemilu yang digelar di lapangan Mapolda Jatim, Brigjen Pol Suprodjo WS Wakapolda Jatim mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas terlaksananya pesta demokrasi dalam Pemilu dan Pemilihan Presiden 2014, hingga dilantiknya pemerintahan baru pada 20 Oktober 2014 lalu.

Dalam apel konsolidasi pengamanan Pemilu 2014 dihadiri sejumlah pejabat terkait dan 1.140 personel. Hadir dalam apel Kolonel Arh Nisan Setiadi Danrem 084/Bhaskara Jaya Danrem 084/Bhaskara Jaya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, dan Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya.

“Dengan apel ini berarti tahapan pemilu dan pilpres sudah selesai. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jawa Timur, yang telah berperan dalam terselenggaranya Pemilu dan Pilpres yang aman dan lancar,” kata Brigjen Pol Suprodjo kepada wartawan, Jumat (24/10/2014), usai memimpin apel.

Dia juga menambahkan, pelanggaran yang terjadi dalam pemilu dan pilpres secara nasional jumlahnya menurun. Jika dibandingkan dengan Pemilu 2009, pelanggaran pidana dalam Pemilu 2014 secara nasional menurun 46,9 persen dari 682 kasus (2009) menjadi 362 kasus (2014). Sedangkan pelanggaran Pilpres 2014 menurun 58,8 persen dari 51 menjadi 21 pelanggaran.

“Jumlah pelanggaran dalam Pemilu dan Pilpres 2014, secara nasional jumlahnya menurun,” kata dia, tanpa merinci data spesifik untuk kasus di Jatim.

Menurut Wakapolda, semuanya tercapai tidak terlepas dari kebersamaan antara Polri, TNI, pemerintahan daerah, dan juga dengan masyarakat setempat, sehingga kebersamaan hendaknya dipelihara terus untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

“Karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mampu mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan lancar. Tentu keberhasilan itu akan berdampak pada kemajuan dan pembangunan yang menguntungkan masyarakat juga,” kata dia. (wak/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
28o
Kurs