Kamis, 25 April 2024

Polisi Imbau Warga Tidak lakukan Takbir Keliling

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, pihak kepolisian memberikan imbauan kepada warga untuk tidak tidak melakukan takbir keliling lewat jalur-jalur Protokol.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya gangguan kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terutama kelancaran arus lalulintas.

AKBP Raydian Kokrosono Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan, pihaknya jauh-jauh hari telah melakukan imbauan kepada masyarakat, terkait takbir keliling yang sudah menjadi tradisi menjelang hari raya.

“Demi keamanan dan ketertiban bersama dan menghindari adanya konvoi, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling. Ini sesuai Imbauan dari Kapolrestabes Surabaya beberapa waktu lalu,” kata AKBP Raydian Kokrosono kepada suarasurabaya.net, Sabtu (26/7/2014).

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang tetap ingin melakukan takbir keliling, diharapkan hanya melakukannya di sekitar tempat ibadah, atau hanya di dalam kampung. “Masyarakat boleh melakukan, tapi cukup di sekitar tempat ibadah atau di dalam kampungnya saja,” ujarnya.

Raydian juga menegaskan, masyarakat dilarang keras menggunakan mobil bak terbuka untuk takbir keliling. Ini untuk mencegah terjadi kecelakaan lalulintas.

Sementara itu, Pihak Polda Jatim juga melakukan imbauan yang sama terkait takbir keliling. Kombes Pol Awi Setiyono Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, masyarakat diimbau tidak melakukan takbir keliling di jalan raya. Menurutnya, akan lebih khusyu’ jika masyarakat melakukan takbir menyambut hari raya Idul Fitri di masjid-masjid atau di mushola.

“Tidak perlu dengan konvoi di jalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama,” kata Kombes Pol Awi Setiyono.

Dia menambahkan, Jika memang ada kelompok masyarakat atau jamaah yang akan melakukan takbir keliling, Polda Jatim meminta agar memberikan surat pemberitahuan ke Polres atau Polsek setempat.

“Agar mendapatkan pengawalan dari polisi. Sehingga bisa berjalan aman dan tertib dan tidak mengganggu masyarakat lain, khususnya pengguna jalan,” kata dia.

Awi juga mengimbau, masyarakat tidak mengunakan petasan saat takbiran. Jika sampai ada hal-hal yang membahayakan, pihak kepolisian akan mengambil tindakan tegas. (wak)

Teks Foto:
– Takbir Keliling menjelang hari raya Idul Fitri.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs