Minggu, 26 Mei 2024
Kecelakaan Beruntun Gresik

Polres Gresik Kumpulkan Stakeholder Bahas Kecelakaan Veteran

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Kecelakaan beruntun di Jl. Veteran, Gresik, Rabu (16/10/2014). Foto: Danuarto, Sigit via @e100ss twitter Suara Surabaya

Jalan Veteran, Kabupaten Gresik pernah diberlakukan sistem tutup total untuk kendaraan berat seperti truk dan lainnya pada tahun 2012.
Namun karena banyak perusahaan yang berada di kawasan jalan tersebut, akhirnya banyak pengusaha yang melakukan protes khusnya ditujukan kepada Bupati Gresik.

Karena tidak ada solusi untuk jalan alternatif, dan Jalan Veteran merupakan jalur Prvinsi akhirnya dibuka kembali. Hal ini disampaikan AKP I Made Parwita Kasat Lantas Polres Gresik, saat dihubungi Radio Suara Surabaya, Rabu (15/10/2014) petang.

“Pernah ditutup untuk truk dan kendaraan berat lainnya. Karena para pengusaha banyak yang protes, akhirnya akses dibuka kembali. Di jalur tersebut banyak pabrik-pabrik kayu, dimana kendaraan berat banyak yang melintasi di jalan Veteran,” kata AKP I Made Parwita.

Dia menambahkan, oleh karena itu ada kebijakan pembatasan waktu untuk akses truk di jalan Veteran. Truk tidak boleh melintas pada pukul 05.00 WIB – 10.00 WIB, dan pukul 14.00 WIB – 20.00 WIB. Truk diizinkan melintas pada pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB, dan pukul 20.00 WIB – 05.00 WIB.

“Yang terpasang sampai sekarang, truk-truk tidak boleh melintas dari jam 5-10 pagi lanjut pukul 14.00 WIB – 20.00 WIB, diluar itu boleh melintas. Makanya tadi truk yang terlibat kecelakaan tidak melanggar, karena melintas diatas jam 10.00,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terulang kembali kecelakaan yang terjadi di jalan Veteran, kata dia, pihaknya akan segera bertemu dengan pihak-pihak terkait untuk segera mencari solusi. Jalan Veteran merupakan jalur Nasional, sehingga akan koordinasi dengan Dishub kabupaten dan Provinsi.

“Selain itu kami juga akan mengumpul pimpinan perusahaan-perusahaan yang ada disekitar jalan Veteran. Untuk mencari solusi bersama, Jangan sampai ada korban karena ada kendaraan yang tidak layak,” katanya.

Seperti diketahui, tadi pagi sempat terjadi kecelakaan yang melibatkan 6 mobil dan 3 sepeda motor. Kecelakaan diawali dari truk bermuatan semen yang remnya blong, akibat kecelakaan ini 3 orang meninggal dunia, 7 luka berat. (wak/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
27o
Kurs