Selasa, 30 April 2024

Presiden Pamit Pada Polri di Hari Bhayangkara

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpamitan kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri), karena perayaan Hari Bhayangkara ke-68 pada 1 Juli 2014 merupakan upacara terakhir yang diikutinya sebagai presiden.

”Saya mohon pamit kepada jajaran Polri, karena upacara Hari Bhayangkara kali ini merupakan upacara terakhir yang saya ikuti sebagai presiden,” katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono dalam Hari Bhayangkara ke-68 di Mapolda Jatim, Selasa (1/7/2014).

Dalam amanatnya, Presiden berharap Polri ke depan menjadi polisi berkelas dunia yang profesional untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman serta memberikan rasa aman kepada masyarakat secara lebih baik.

“Beri pelayanan yang berbasis kemitraan dengan masyarakat untuk memberantas kejahatan nasional, transnasional, dan kejahatan dunia maya, di antaranya menangkap pelaku terorisme dan kejahatan lainnya,” katanya yang dilansir dari Antara.

Menurut Kepala Negara, Pemilu Legislatif pada 4 April 2014 yang aman juga tidak lepas dari kinerja Polri, karena itu Polri diharapkan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia semakin matang dalam berdemokrasi pada pemilihan presiden pada 9 Juli 2014.

“Wujudkan sinergi yang baik dengan jajaran KPU, Bawaslu, dan penyelenggara pemilu lainnya, serta tegakkan netralitas sebagai anggota Polri,” katanya.

Selain mengucapkan selamat merayakan Hari Bhayangkara ke-68, Presiden juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Polri selama memimpin negara selama 10 tahun.

Dalam upacara di tengah bulan puasa Ramadhan 1435 Hijriah itu, Kapolda Jatim menyerahkan penghargaan pemerintah kepada anggota Polri se-Jatim berupa satya lencana delapan tahun (1.273 polisi), satya lencana 16 tahun (690 polisi), dan satya lencana 24 tahun (751 polisi), dan satya lencana 32 tahun (226 polisi).

Selain itu, satya lencana dharmanusa (11), satya lencana karya bhakti (1), satya lencana bhakti pendidikan (2), satya lencana karya satya 10 tahun (17), satya lencana karya satya 20 tahun (71), satya lencana karya satya 30 tahun (10), dan Bintang Bhayangkara Nararrya (1.126 polisi).

Kapolda Jatim juga menyerahkan Piagam Penghargaan Polda Jatim bagi anggota Polri yang berprestasi di Polrestabes Surabaya (10), Polres Lamongan (16), Polres Banyuwangi (14), Polres Tuban (13), dan Polres Bondowoso (8).

“Puluhan polisi jajaran itu berprestasi dalam mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan menggunakan senjati api, menangkap anggota FPI untuk meredam gejolak sosial, dan mengungkap kasus pembunuhan berencana,” kata Kombes Pol Awi Setiyono, Kabid Humas Polda Jatim.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-68 di jajaran Polda Jatim selama Juni-Juli dengan prioritas kegiatan bakti sosial untuk masyarakat itu, puncak acara ditandai dengan Tasyakuran dan Buka Puasa Bersama dengan jajaran kepolisian, pemerintah daerah, dan pimpinan media massa di Gedung Mahameru Polda Jatim. (ant/ain)

Teks Foto:
– Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI
Foto: themuslim500.com

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs