Sabtu, 4 Mei 2024

Ribuan Personel dan Alutsista Dikerahkan di Puncak HUT TNI Pagi Ini

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Kapal perang andalan TNI AL saat gladi bersih HUT TNI KE-69. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Sebanyak 18.580 personel gabungan dari TNI AD, TNI AU, dan TNI AL, Selasa (7/10/2014) pagi ini akan mengikuti puncak peringatan HUT TNI ke-69 yang digelar di Dermaga Ujung Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Armatim).



Upacara kali ini akan dipimpin langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI serta dihadiri puluhan pejabat mulai Boediono Wakil Presiden, para Menteri, serta Gubernur dari berbagai daerah.



Para petinggi militer mulai Jenderal TNI Moledoko Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo KASAD, Marsekal TNI IB Putu Dunia KASAU, dan Laksamana Marsetio KASAL juga hadir dalam acara kali ini. 

Upacara puncak peringatan HUT TNI ini akan dikomandani oleh Kolonel laut pelaut Deny Septiana yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Cepat Koarmabar.



Selain mengerahkan ribuan personel, puncak peringatan HUT TNI kali ini juga akan memamerkan ratusan Alutsista TNI. Angkatan Darat misalnya akan terjunkan sebanyak 192 kendaraan tempur yang terdiri dari 22 Tank Leopard, 22 Tank Marder, 13 Panser Tarantula, 13 scorpio, 6 meriam 155 MM caesar serta 43 pesawat pendukung TNI AD.



Sedangkan untuk Angkatan Laut mengerahkan sebanyak 195 alutsista yaitu 35 kapal perang (KRI) diantaranya berjenis Multi Role Light Frigate, kapal perusak rudal jenis korvet, fregate, van speijk, ship integrated geometrical modularity approach dan parchim. Selain itu juga Kapal Cepat Rudal, Kapal Cepat Torpedo, Buru Ranjau, Penyapu Ranjau, serta Kapal Patroli Cepat.



Sementara untuk angkatan Udara yang dikerahkan mencapai 139 pesawat diantaranya 12 Sukhoi SU 27/30, tiga unit F-5 Tiger, 10 F-16, 12 Hawk 109/209, tiga EMB 314 Super Tucano, sebuah C130 Tanker dan tiga buah Boing.

Total yang dikerahkan dalam parade kali ini mencapai 239 pesawat, 42 KRI, dan 149 kendaraan tempur. (fik/ono/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs