Rabu, 15 Mei 2024

Ribuan Warga Antusias Saksikan Parade Surabaya Juang

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Suasana saat gelaran Parade Surabaya Juang 10 November. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Parade Surabaya Juang 10 November yang digelar di Surabaya, Minggu (9/11/2014), dalam rangka memperingati Hari Pahlawan berlangsung meriah. Ribuan warga memadati Jalan Pahlawan hingga Jalan Raya Gubernur Suryo, untuk menyaksikan parade tersebut.

Acara semakin meriah, saat puncaknya di Jalan Raya Tunjungan, tepatnya di Hotel Mojopahit ketika dari komunitas pejuang Roode Burg melakukan aksi teatrikal, antara pejuang Indonesia melawan tentara Asing saling baku tembak.

Teatrikal yang menceritakan para penjajah yang datang, untuk menguasai Kota Surabaya, mendapat perlawanan masyarakat Surabaya. Arek-arek Suroboyo ini memilih melawan dan berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan. Perjuangan arek-arek Suroboyo tidak sia-sia, mereka berhasil mengalahkan dan mengusir para penjajah.

ParadeSurabaya Juang 10 November tersebut, jadi pembelajaran tersendiri bagi warga Surabaya. Seperti Anita, warga Kedung Anyar mengungkapkan, parade tersebut sangat bagus. Dia mengaku sembari rekreasi, juga mendapat pelajaran tentang perjuangan para pahlawan mempertahankan Surabaya dari para penjajah.

“Sangat bagus, dan baik untuk anak-anak saat ini. Karena, mengenalkan arti dari sejarah, para pahlawan dulu berperang untuk mempertahankan dan membela Negara. Agar tidak sampai ditindas,” kata Dian Anita, pada suarasurabaya.net, Minggu (9/11/2014).

Dalam parade juang ini, selain aksi teatrikal, sejumlah drum band dari Akademi Angkatan Laut (AAL) dan pelajar Surabaya juga turut memeriahkan. Termasuk berbagai parade karnaval dan hiburan lainnya juga ikut memeriahkan parade juang 10 November. (riy/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs