Kamis, 16 Mei 2024
HUT Satpam ke-33

Satpam Unjuk Kemampuan di Mapolrestabes

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Sebanyak 300-an perwakilan security se-Surabaya hadiri upacara peringatan HUT satuan pengaman (Satpam) ke-33, Kamis (9/1/2014) yang dilaksanakan di Mapolrestabes Surabaya.

Pembinaan yang selama ini dilakukan oleh Binmas Polrestabes Surabaya, diharapkan mampu memberikan pembekalan terhadap Satpam, dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan.

Kompol Suparti Kasubag humas Polrestabes Surabaya mengatakan, satpam ini memiliki kewenangan kepolisian terbatas, sehingga Satpam ini dapat memberikan konstribusi positif terhadap upaya menjaga kamtibmas.

“Banyak contohnya, misalnya meningkatkan patroli di wiliyah kerjanya, serta pengawasan terhadap personal maupun lingkungan. Kalau di Perusahaan ya di lingkungan perusahaan, Mal, Hotel, dan tempat lainnya,” kata Kompol Suparti kepada wartawan, Kamis (9/1/2014).

Dia menambahkan, kemampuan dasar yang telah diberikan oleh pihak kepolisian dalam hal pengamanan, diharapkan mampu membekali para Satpam dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

“Perlu diketahui security mempunyai kewenangan terbatas kepolisian, diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sumarno Kepala Bakesbangpol Pemkot Surabaya, selaku inspektur upacara, dalam sambutannya mengatakan, dengan peringatan HUT Satpam ke-33 diharapkan adanya sinergi serta kerja sama dalam menjaga keamanan serta peran aktif security membantu pihak kepolisian dalam berbagai aspek.

“Saya berharap peringatan HUT Satpam ke-33, dapat memberi dampak yang lebih baik, serta dapat lebih berperan aktif dalam setiap menjalankan tugas di masing masing tempat kerja,” kata Sumarno.

Dalam upacara yang digelar Kamis pagi, beberapa anggota Satpam menunjukkan kebolehannya dalam melumpuhkan pelaku tindak kriminal yang marak terjadi. Mereka juga menunjukkan kemampuan beladiri untuk mengamankan wilayah tugasnya maupun untuk keamanan dirinya sendiri. (wak)

Teks Foto:
– Anggota Satpam saat mengikuti upacara peringatan HUT Satpam ke-33 di Mapolrestabes Surabaya.
Foto: Wakhidsuarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs