Kamis, 9 Mei 2024

Sudah Doyan Soto, Risma Pulangkan 52 Penghuni Liponsos

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Kota Surabaya kembali pulangkan sebanyak 52 penghuni Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) ke rumah mereka masing-masing. Pemulangan dilepas langsung oleh Tri Rismaharini, Walikota Surabaya di halaman Balaikota, Kamis (3/4/2014) pagi.

Supomo, Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya mengatakan dari 52 orang yang pagi ini dipulangkan, 15 diantaranya adalah penderita psikotik atau gila. “Sedangkan 37 orang adalah gelandangan dan pengemis,” kata dia.

Penderita psikotik yang dipulangkan, kata Supomo, saat ini kondisinya sudah stabil sehingga sudah bisa diantar pulang ke rumah mereka masing-masing.

Proses pemulangan ini, dilakukan setelah sebelumnya para penderita psikotik juga telah dilakukan berbagai terapi serta diajak mengikuti program outbound serta rekreasi.

“Mereka saat outbond terlihat senang, ada juga awalnya ndak mau tapi minta soto daging baru mau outbound. Karena sudah suka soto berarti sudah sembuh,” kata Supomo sambil tersenyum.

Sebanyak 52 penghuni liponsos ini, kata Supomo, akan dipulangkan ke rumah mereka masing-masing yang berada di 20 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Sri Supatmi, Kepala UPTD Liponsos mengatakan, selain mengikuti program outbound, penghuni psikotik liponsos yang dipulangkan adalah mereka yang sudah bisa konsisten jika diajak bicara.

“Tesnya sederhana kalau kita tanya masih berubah-ubah, berarti dia belum sembuh. Ini yang pulang adalah yang benar-benar telah sembuh dan alamatnya jelas,” kata Sri Supatmi.

Penyembuhan juga dilakukan dengan memberikan terapi dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter maupun psikiater. Tak haya itu, ada beberapa penghuni yang sempat dibawa ke rumah sakit jiwa menur untuk membantu penyembuhan.

Untuk pemulangan kali ini, pemerintah surabaya menyediakan sebanyak 20 mobil untuk mengantar hingga ke rumah mereka masing-masing.

Tak hanya itu, para pendamping juga disiapkan untuk memastikan yang bersangkutan sampai di rumahnya. “Kalau alamatnya salah, ya nanti kita bawa lagi ke Liponsos,” kata Sri Supatmi. (fik/tok)

Teks Foto :
-Beberapa penghuni Liponsos yang akan dipulangkan ke rumahnya.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs