Rabu, 8 Mei 2024
Malam Tahun Baru Launching Aksi Keselamatan

Tekan Angka Lakalantas, Jatim PEKA Siap Digelar

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
AKBP Yusuf Wadirlantas Polda Jatim saat jumpa pers terkait program Jatim PEKA. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Untuk menekan jumlah angka kejadian kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Jawa Timur, Direktorat lalulintas (Ditlantas) Polda Jatim siap melaksanakan program Jatim PEKA atau Jawa Timur Peduli Keselamatan pada tahun 2015.

AKBP Yusuf Wadirlantas Polda Jatim mengatakan, program Jatim PEKA ini akan mulai dilaksanakan Januari 2015 mendatang, untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Jatim sadar akan keselamatan berlalulintas.

Dalam program Jatim PEKA, kata dia, juga akan diterapkan bulan tertib lalu lintas. Pada bulan tertib lalu lintas ini, petugas akan memprioritaskan penindakan untuk pelanggaran lalulintas, dan tidak akan diberikan toleransi.

“Misalnya Januari, kita prioritaskan penindakan pada pelanggaran pemakaian Helm, bulan Februari penindakan prioritas pada marka dan rambu. Bukan berarti pelanggaran lainnya tidak dikenakan sanksi, tapi jika sudah melakukan pelanggaran yang menjadi prioritas operasi, tidak bisa lagi ditolerir, sudah pasti akan ditilang,” kata AKBP Yusuf kepada wartawan, Selasa (30/12/2014).

Dia menambahkan, untuk langkah awal Pihak Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya, akan melaunching dekade aksi keselamatan dengan tema Menuju Indonesia Tertib, Bersatu, Keselamatan Nomor Satu, pada 31 Desember 2014.

“Kegiatan ini serentak se-Indonesia. Polda Jatim bersama Polrestabes Surabaya memusatkan kegiatan ini besok di depan Grahadi, berbarengan dengan kegiatan car free night yang akan dilaksanakan,” ujarnya.

Yusuf menegaskan, targetnya adalah mengurangi lakalantas. Jika semua berpartisipasi, secara tidak langsung jumlah angka kecelakaan akan berkurang. “Karena semua akan saling mengingatkan tentang keselamatan dalam berlalulintas,” kata dia.

Dalam kegiatan ini, kata dia, nantinya akan ada pembelajaran, pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan lalulintas. Contohnya safety riding, dan safety driving. (wak/ipg)

Teks Foto:
– AKBP Yusuf Wadirlantas Polda Jatim saat jumpa pers terkait program Jatim PEKA.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
33o
Kurs