Selasa, 23 April 2024

Tidak Ditemukan Anthrax di Surabaya Jelang Idul Adha

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas Dinas Pertanian & Peternakan Surabaya periksa ternak. Foto: Totok suarasurabaya.net

Dari sweeping pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada sejumlah sentra penjual ternak qurban di Kota Surabaya, Senin (29/9/2014) oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya, tidak ditemukan adanya penyakit menular seperti Anthrax.

“Tidak kami temukan adanya ternak, kambing maupun sapi yang mengalami gangguan penyakit menular seperti Anthrax misalnya. Dari pemeriksana yang kami lakukan Senin (29/9/2014) ini kondisi ternak yang ada cukup sehat,” terang Meita Irene Wowor kabid peternakan Dinas Pertnian & Peternakan Kota Surabaya.

Bersama dengan sejumlah tim, Meita melakukan sweeping di dua sentra penjualan ternak Kambing maupun Sapi, di kawasan Gunung Anyar dekat MERR IIC, dan di kawasan Mulyosari.

Pemeriksaan kesehatan ternak dilakukan dengan satu diantaranya melihat secara kasat mata kondisi ternak-ternak yang ditawarkan para penjual ternak di dua kawasan tersebut.

“Secara kasat mata memang kondisi kesehatan ternak, kambing maupun sapi memang bisa dilihat. Tetapi jika lebih detil maka dapat dilakukan pemeriksana lebih rinci dan itu butuh waktu. Oleh karena itu, pemeriksaan ini berdasarkan kondisi fisik ternak,” tambah Meita pada suarasurabaya.net.

Namun demikian, Meita berpesan kepada masyarakat agar tetap teliti dan berhati-hati saat memilih ternak untuk qurban. “Selain memeriksa kondisi fisiknya, jangan lupa tanyakan juga asal usul ternak,” pungkas Meita Irene Wowor, Senin (29/9/2014).(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs