Selasa, 28 Mei 2024

Token Pulsa Listrik Trouble, PLN Masih Cari Penyebabnya

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Beberapa hari ini, warga Surabaya dan sekitarnya baik melalui Radio Suara Surabaya maupun via akun twitter @e100ss mengeluhkan sistem pembayaran listrik prabayar yang mengalami trouble.

Luluk, satu di antara pendengar misalnya. Ia mengeluhkan pembelian pulsa token di Alfamart dan Indomaret yang mengalami gangguan.

Selain itu, pembelian melalui mesin ATM di beberapa bank juga diketahui mengalami gangguan server. “Sudah dua hari listrik padam, PLN Sukorejo tutup, ATM BCA dan Mandiri juga trouble,” keluh Purwanto, pendengar lain Radio Suara Surabaya.

Nanang warga Perum Bukit Bambe Gresik lewat Radio Suara Surabaya juga mengeluh untuk mendapatkan pulsa token PLN sulit sekali. “Beli dimana saja nggak bisa, ya di Indomaret, Kantor Pos tidak bisa semuanya jaringannya. Ini ke ATM BCA juga tidak bisa. Ini ke kantor PLN disuruh Senin. Padahal ini listrik PLN sudah mati. Trus gimana ini?”

Hal yang sama juga diungkapkan beberapa warga melalui twit. “Gimana ini pulsa token listrik beli dimana-mana nggak bisa? Balik ke sistim lama aja. Mana udh mau hbs lagi,” tulis @VickyAinuzzaki.

Moch Isa Anshori lewat facebook e100 juga mengeluh,”ini gimana PLN, disuruh pindah jadi pelanggan pra bayar sudah kami lakukan, lha ini jaringan untuk ngisi pulsa noken sudah 3 hari ngadat gak bisa..pulsa sudah habis, lampu mati..sedang sebelah rumah tidak mati, lucu khan? mosok kepada PLN kita disuruh ngomong akurahpopo.

Sementara itu, Arkad Matulu Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jawa Timur waktu dikonfirmasi suarasurabaya.net, Sabtu (10/5/2014) mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dan mendata dimana saja bank yang mengalami trouble dan mencari tahu penyebabnya.

“Untuk saat ini, yang kami tahu trouble berasal dari sisi bank-nya sendiri yang jaringannya sedang tidak match, maka itu kami sedang mendata bank mana saja dan berupaya mencari solusi,” terangnya.

Dari data laporan yang masuk ke Call Centre PLN, Arkad mengaku, trouble sudah terjadi sekitar seminggu ini. “Pembayaran PLN itu sistemnya terpusat di Jakarta dan secara online, maka itu kami mohon waktunya untuk mengecek dan mendata pokok permasalahannya, jadi bisa mengupayakan solusi,” kata dia.

Jika ada masyarakat yang kehabisan pulsa token, Arkad menyarankan untuk membeli langsung di kantor PLN atau via payment point online untuk sementara waktu. (ain/ipg)

Teks Foto :
– Ilustrasi Token Pulsa atau pembayaran listrik prabayar PLN.
Foto : situs web PLN

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
33o
Kurs